pilih kemasan
TERNYATA GAMBAR KEMASAN PRODUK BISA BIKIN PENJUALAN NAIK, KOK  BISA?
https://images.app.goo.gl/A96RUrdxDp8iqHxz6

Kemasan memang menjadi aspek yang sangat penting dalam penjualan produk. Memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan, kemasan bisa menjaga produk kamu dari kerusakan sampai tiba di tangan konsumen nantinya. Selain itu, kemasan juga ternyata bisa menjadi alat pemasaran yang baik untuk bisnis kamu lho! Bahkan ada sebutan bahwa kemasan merupakan silent salesman, dimana kamu mereka bisa meningkatkan penjualan hanya dengan berdiam diri di atas etalase toko.

Coba bayangkan, ketika kamu mengunjungi pusat perbelanjaan dan ingin membeli sebuah produk, pasti kamu akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan kan? Ada berbagai jenis produk yang ada di depan kamu yang tersedia dalam berbagai varian. Tentu kamu akan kesulitan untuk menentukan produk mana yang kamu ambil kan? Di sini gambar kemasan produk memiliki peran yang sangat penting.

Hal ini pun berlaku dalam pembelanjaan secara online. Gambar kemasan produk menjadi salah satu aspek yang bisa mendorong konsumen untuk melakukan konversi pembelian. Ketika kamu sedang mencari sebuah produk, misalnya keripik, kamu pasti akan memilih gambar kemasan produk yang menarik karena terlihat lebih kredibel kan?

Gambar kemasan produk yang menarik bisa membuat produk lebih stand out dibandingkan para kompetitor. Konsumen hanya memiliki waktu selama 7 detik untuk memutuskan apakah mereka ingin membeli produkmu atau tidak. Dalam waktu sesingkat itu, kamu harus bisa menangkap perhatiannya. Selain itu, adanya gambar juga bisa memberikan bayangan mengenai isi produk yang ada di dalamnya dan memberikan harapan yang pasti pada konsumen. Sebab konsumen tidak menyukai kalau mereka harus menebak-nebak isi kemasan. Jadi dengan adanya gambar bisa membantu konsumen lebih yakin untuk membeli produkmu.

Namun kamu tidak boleh sembarangan menggunakan gambar kemasan produk. Hal ini perlu kamu sesuaikan dengan produk tersebut, sebab gambar harus bisa menjadi representasi dari apa yang konsumen harapkan untuk lihat dari dalam kemasan. Kualitas dari kemasan dan gambar dari produk tidak hanya membuat penampilan kemasan menjadi menarik, tapi bisa meningkatkan brand yang kamu miliki juga.

Ketika kamu menyediakan kemasan berkualitas untuk para konsumen, mereka pasti akan berpikir bahwa brand kamu pun memiliki kualitas yang tinggi juga. Selain itu, dengan memanfaatkan gambar kemasan produk yang relevan dengan target konsumen, mereka akan merasa memiliki keterikatan emosi dengan kamu yang membuat mereka menjadi konsumen loyal.

Tips Menyajikan Gambar Kemasan Produk

Pada praktiknya, terdapat 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menyajikan gambar kemasan produk dengan baik. Penasaran apa saja? Yuk lihat penjelasan berikut ini!

1. Kemasan menampilkan foto produk itu sendiri

Kamu bisa menggunakan gambar kemasan produk yang memperlihatkan isi produk itu sendiri. Apabila kamu menjual produk biskuit, maka kamu bisa memperlihatkan gambar biskuit pada kemasan agar konsumen bisa membayangkan visual dari biskuit yang kamu buat seperti apa.

2. Gambar menampilan manfaat dari produk

Selain menggunakan gambar foto produk, kamu juga bisa memberikan gambaran kepada konsumen mengenai manfaat dari produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual produk susu rendah lemak untuk diet, maka kamu bisa menggunakan gambar seorang perempuan bertubuh langsing.

3. Gambar menunjukkan produk ketika digunakan

Untuk kamu yang menjual produk baju, disarankan untuk memanfaatkan gambar produk kemasan yang menampilkan pemakaian baju. Hal ini bertujuan agar konsumen memiliki bayangan mengenai tampilan baju ketika dikenakan dan lebih tertarik untuk membelinya.

4. Gambar yang menampilkan personality dari brand yang kamu miliki

Kemasan memang merupakan representasi dari personality brand kamu dan juga isi produk yang ada di dalamnya. Apabila brand kamu mempunyai personality yang ceria dan fun maka kamu bisa menampilkan gambar yang merepresentasikan hal tersebut. Sehingga saat melihat kemasan kamu, konsumen akan tahu bahwa brand kamu adalah brand yang ceria.

5. Menggunakan maskot yang menggambarkan brand

Penggunaan maskot dalam kemasan bisa menjadi branding yang sangat baik. Hal ini pun tentunya akan membuat konsumen lebih aware dan mudah mengingat brand kamu. Pembuatan maskot perlu dilakukan secara cermat sebab maskot adalah ilustrasi yang menggambarkan brand kamu secara visual.

6. Memanfaatkan influencer untuk promosi

Apabila bisnis kamu bekerja sama dengan seorang influencer yang dikenal, maka kamu bisa menggunakan foto mereka sebagai gambar kemasan produk. Hal ini tentunya bisa menarik perhatian konsumen dari kejauhan sebab mereka melihat seseorang yang terkenal. Selain itu, adanya influencer juga bisa meningkatkan citra dan kredibilitas brand di mata para konsumen.

7. Menggunakan pattern yang dekoratif

Agar tampilan kemasan tidak membosankan, kamu bisa melengkapinya dengan pattern dekoratif. Misalnya dengan menambahkan pattern garis horizontal ataupun vertikal. Sehingga kemasan kamu bisa tampak menarik dan sederhana.


Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan gambar kemasan produk sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam strategi pemasaran. Sebab gambar produk bisa mengkomunikasikan pesan secara spesifik dalam cara yang sederhana dan efisien. Apa lagi kalau kamu memanfaatkan gambar produk yang bagus dan menarik, pastinya konsumen bersedia untuk mengeluarkan uangnya agar bisa membeli produk kamu dibandingkan produk para kompetitor.

Jangan lupa juga untuk melengkapi gambar kemasan produk kamu dengan informasi yang cukup, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga. Hal ini bertujuan agar konsumen semakin memahami produk apa yang kamu jual. Kamu bisa mencantumkan informasi seperti logo brand, nama produk, komposisi, saran penyajian, berat bersih, informasi nutrisi, informasi alergi, serta izin legalitas yang kamu dapat dari PIRT atau BPOM.

Supplier Jasa Cetak Kemasan UMKM

Supernova Digipack bisa jadi solusi untuk kebutuhan kemasan kamu. Kami merupakan jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel. Mulai dari jenis kemasan standing pouch, gusset, three block seal, central seal, juga vacuum pack. Sehingga kamu tidak perlu meragukan kualitas dari kemasan yang kami buat.

Kami bisa membuat gambar kemasan produk kamu terlihat sangat amazing menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, mesin ini mampu mencetak desain pada lapisan kemasan dengan warna yang sangat tajam, kontras, serta tidak mudah luntur. Jadi gambar kamu bisa tercetak dengan sangat jelas dan pastinya dapat menarik perhatian para konsumen.

Mesin ini pun memanfaatkan tinta solventless. Dimana tinta ini lebih ramah lingkungan dibanding jenis tinta lain karena bisa meminimalisir jejak karbon, serta sudah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada produk makanan. Jadi untuk kamu yang bergerak di bidang bisnis kuliner tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan kemasan pada Supernova Digipack.

Bagaimana? Sudah siap untuk membuat kemasan produk yang amazing bersama kami? Yuk langsung kunjungi website Supernova Digipack di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan pemesanan! Minimal Order Quantity (MOQ) hanya 500 pcs* saja lho!

*S&K berlaku


Whatsapp