pilih kemasan
TERNYATA INI DESAIN KEMASAN KOPI BUBUK YANG MENARIK PERHATIAN KONSUMEN
Source: https://images.app.goo.gl/YgauuQKxyg4gpptn7

Tidak ada yang lebih nikmat dibandingkan secangkir kopi yang diseduh dengan biji kopi segar yang harum. Saat ini, kopi telah menjadi bagian dari kehidupan dan sumber kebahagian bagi sebagian banyak orang. Industri Kopi juga merupakan salah satu komoditas pertanian yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Indonesia sendiri pun termasuk ke dalam salah satu produsen kopi terbesar. Tingginya kebutuhan akan kopi dan industri kopi yang kian maju, membuat persaingan antar pemasok kopi makin ketat. Untuk memanfaatkan pasar dengan permintaan tinggi ini, pemasok kopi melakukan segala yang mereka bisa untuk menonjol dengan memamerkan kualitas kopi mereka dalam desain kemasan kopi bubuk yang fleksibel dan kreatif.

Desain kemasan kopi bubuk yang berkualitas dapat membantu mendapatkan perhatian dari konsumen dan menonjol dari pesaing. Desain yang dimaksud tidak hanya pada visual kemasan kopi bubuk agar “terlihat cantik” saja. Namun, desain yang dimaksud adalah desain kemasan yang memiliki story dan informasi yang menonjol. Berikut merupakan beberapa hal yang wajib ada di kemasan kopi bubuk agar menarik perhatian konsumen:

1. Informasi produk

Dalam desain kemasan kopi bubuk, hal yang paling penting untuk disertakan adalah informasi produk. Informasi produk ini berguna untuk menginformasikan mengenai hal-hal apa saja tentang produk kepada konsumen, seperti asal biji kopi yang digunakan, proses penggilingan, dan tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa produk kopi bubuk tersebut. Informasi produk pada kemasan kopi bubuk harus diperlihatkan dengan jelas. Sehingga, pastikan informasi produk ditulis dengan font yang terbaca jelas dan ukuran font yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

2. ‘Story’ produk

Memberikan cerita menarik dibalik kopi bubuk yang dijual pada desain kemasan kopi bubuk dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen. Dengan adanya cerita dibalik kopi bubuk yang dijual, dapat menciptakan ‘hubungan’ antara brand kopi bubuk dengan konsumen maupun calon konsumen. Tulisan dalam kemasan harus dibuat sesederhana mungkin, tetapi dapat membuat konsumen tertarik membaca lebih lanjut mengenai produk oleh-oleh tersebut dan akhirnya melakukan pembelian.

3. Gambar atau ilustrasi

Untuk mendapatkan perhatian konsumen dan calon konsumen, diperlukan visual dalam desain kemasan kopi bubuk. Visual yang dimaksud dapat berupa gambar atau ilustrasi yang berhubungan dengan kopi bubuk ataupun dengan ciri khas brand kopi bubuk tersebut.

4. Perpaduan warna

Warna merupakan suatu faktor yang dapat menarik konsumen. Untuk mendapatkan desain kemasan kopi bubuk yang buat konsumen dan calon konsumen tertarik, pastinya membutuhkan perpaduan warna yang tepat. Gunakan 2 atau 3 warna yang dapat merepresentasikan brand kopi bubuk, sehingga kemasan tidak terlalu ramai dengan banyak warna. Gunakan warna-warna yang sesuai dengan identitas brand dan jangan gunakan warna yang sangat bertabrakan saat dikombinasikan.

5. Desain yang berbeda dengan pesaing

Buatlah desain kemasan kopi bubuk yang berbeda dengan kemasan pesaing. Kamu bisa gunakan desain kemasan fleksibel yang saat ini sedang naik daun untuk one step dari pesaing kamu. 

Desain kemasan fleksibel adalah desain kemasan yang terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan muka yang merupakan bagian terluar kemasan tempat desain kamu akan dicetak. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan OPP, PET, ataupun Nylon. Selanjutnya ada lapisan barrier yang merupakan lapisan pelindung produk. Biasanya dibuat dari bahan alumunium foil dan metalized film agar bisa menjaga produk dengan lebih maksimal, lalu yang terakhir adalah lapisan seal yang merupakan lapisan terdalam kemasan yang berguna sebagai segel (seal). Ada beberapa jenis kemasan fleksibel yang dapat menjadi digunakan sebagai desain kemasan kopi bubuk, yaitu:

1. Gusset

Kemasan yang dapat menjadi desain kemasan kopi bubuk adalah kemasan gusset. Kemasan gusset merupakan salah satu desain kemasan yang umum digunakan sebagai kemasan teh dan kopi. Kemasan gusset dapat menggunakan bahan aluminium foil yang tahan terhadap udara, kelembaban dan sinar matahari, sehingga dapat melindungi produk kopi bubuk secara maksimal. Dengan menggunakan kemasan gusset, masa simpan kopi bubuk pun dapat lebih lama karena ketahanan yang luar biasa terhadap faktor eksternal. Ciri kemasan gusset adalah terdapat lipatan di bagian sisi kemasan yang akan menggembung ketika diisi produk. Kemasan gusset akan membuat isi produk lebih efisien dan memperkecil ruang dalam penyimpanan.

2. Standing pouch

Kemasan lainnya yang dapat menjadi desain kemasan kopi bubuk adalah kemasan standing pouch. Kemasan standing pouch memiliki bentuk yang unik dibandingkan dengan kemasan lainnya yang ada. Kemasan standing pouch dapat dijadikan kemasan produk kopi bubuk karena kemudahannya untuk dibawa kemana-mana. Kemasan standing pouch pun mudah untuk dipajang di etalase. Selain itu, kemasan standing pouch dapat menambah ‘nilai’ produk kopi bubuk dan akan menjadi produk kopi bubuk yang menarik dan berbeda dibanding produk sejenis. Seperti namanya, kemasan standing pouch dapat diberdirikan karena di bagian bawahnya memiliki dudukan. Kemasan standing pouch pun dilengkapi dengan zipper lock sehingga memudahkan dalam penggunaannya. Selain praktis, kemasan standing pouch juga kuat, anti lecet, dan tahan benturan sehingga produk aman dari kebocoran. Jadi bisa dipastikan produk kopi bubuk kamu terjaga keamanan dan kualitasnya. 

3. Three block seal

Kemasan three block seal merupakan kemasan yang dapat dipilih menjadi desain kemasan kopi bubuk dalam ukuran yang lebih kecil atau sachet. Seperti namanya, kemasan three block seal telah di seal di ketiga sisinya yaitu sisi kanan, kiri dan bawah. Sehingga, produk dapat dimasukan melalui bagian atas kemasan dan kembali di seal agar tertutup rapat. Keunggulan kemasan ini ialah ukurannya yang cukup compact sehingga mudah dibawa kemana pun. Kemasan three block seal bisa dilengkapi dengan zipper lock ataupun tidak. Dengan harga yang lebih terjangkau, kemasan three block seal adalah pilihan yang tepat bagi produk kopi bubuk yang butuh tempat penyimpanan yang lebih compact di rak.

Untuk mendapatkan desain kemasan kopi bubuk yang tepat dan dapat menarik perhatian konsumen, kamu membutuhkan jasa percetakan yang tepat pula. Supernova Digipack merupakan jasa cetak kemasan yang dapat kamu pilih menjadi mitra dalam penyediaan kemasan kopi bubuk yang kamu butuhkan. Telah lebih dari 30 tahun, Supernova Digipack telah melayani ribuan klien dengan menjadi produsen kemasan fleksibel bagi produk mereka. 

Percayakan desain kemasan kopi bubuk hanya kepada Supernova Digipack yang telah berpengalaman menyediakan berbagai kemasan berkualitas setara kelas industri. Supernova Digipack pun mengandalkan teknologi printing yang sangat canggih yaitu HP Indigo 20000 yang dapat menghasilkan printing kemasan yang tajam dan tidak mudah pudar. Tinta yang digunakan juga tinta yang memenuhi standar food safety, yaitu tinta solventless. Supernova Digipack pun memiliki teknologi laminasi dan bag making yang sangat apik. Sehingga dapat menghasilkan kemasan yang sangat rapi dan berkualitas sangat baik. Kami juga telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, sehingga seluruh proses produksi dan hasil produksi kemasan dari Supernova Digipack telah aman sesuai standar prosedur keamanan pangan. 

Jadi, jangan ragu untuk percayakan kebutuhan desain kemasan kopi bubuk kamu di Supernova Digipack! Hanya dengan MOQ 500pcs*, kamu bisa dapatkan kemasan kopi bubuk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Kunjungi websiteSupernova Digipack sekarang juga untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

*S&K berlaku


Whatsapp