pilih kemasan
TERNYATA INI YANG BIKIN KEMASAN ALUMUNIUM FOIL LEBIH UNGGUL  DIBANDING BAHAN LAINNYA
Source: https://images.app.goo.gl/jXmneqydQarW8YNR7

Dalam bidang bisnis makanan dan minuman, kemasan memainkan peran yang sangat penting. Adanya kemasan membuat produk makanan ataupun minuman lebih terjaga dan tidak terkontaminasi dari pengaruh luar yang bisa membahayakan kesehatan konsumen. Salah satu jenis kemasan yang populer digunakan adalah kemasan fleksibel.

Seperti namanya, kemasan fleksibel memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga bisa dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jenis kemasan ini banyak digunakan karena memiliki kelebihan dibandingkan kemasan kaku, yaitu lebih mudah untuk dibuka, bentuknya lebih compact sehingga mudah dibawa dan disimpan, selain itu bisa meminimalisir biaya pengiriman sebab bobotnya ringan dan bisa disimpan dengan cara ditumpuk.

Kemasan makanan yang fleksibel umumnya terbuat dari dua jenis bahan, yaitu plastik dan juga alumunium foil. Namun pada artikel ini, kami hanya akan berfokus pada kemasan alumunium foil dan apa saja keunggulannya. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Keunggulan Kemasan Alumunium Foil

Alumunium foil memang sering kali dijadikan bahan pembuatan kemasan. Seperti plastik, material ini memiliki bobot yang ringan dan fleksibel. Hal ini membuat kemasan alumunium foil tersedia dalam berbagai macam pilihan ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Merupakan salah satu material food grade, alumunium foil bisa memberikan perlindungan yang baik bagi isi produk yang ada di dalamnya, terutama makanan.

Kemasan alumunium foil ideal digunakan untuk membungkus makanan. Sebab kemasan ini bisa mempertahankan kesegaran, serta menjadi pelindung dari paparan cahaya sinar matahari, oksigen, kelembaban, mikroorganisme, serta minyak dan lemak. Dengan sifat barrier-nya yang tinggi, kemasan ini pun mampu menjaga aroma dan rasa makanan dalam waktu cukup lama. Oleh karenanya, kemasan berbahan alumunium foil sangat direkomendasikan untuk mengemas produk kopi dan teh. Berikut beberapa keunggulan alumunium foil dibanding bahan lainnya:

1. Aman dan higienis

Kemasan alumunium foil termasuk ke dalam kategori food grade. Bahan ini bisa diaplikasikan untuk mengemas makanan tanpa perlu khawatir ada zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, bahan alumunium foil pun tidak bisa ditembus sinar matahari langsung sehingga meminimalisir pertumbuhan bakteri pada isi produk. Ini membuat kemasan kamu lebih terjaga keamanan dan kehigienisannya.

2. Tahan terhadap suhu ekstrim

Keunggulan dari kemasan alumunium foil selanjutnya adalah memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu ekstrim. Memiliki stabilitas termal yang baik, bahan ini tidak akan berubah bentuk, pecah, meleleh, hangus, ataupun menghasilkan zat berbahaya ketika diletakkan pada suhu ekstrim. Karena memiliki kapasitas untuk menahan suhu tinggi, kemasan ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk kamu pengelola makanan siap saji yang perlu dihangatkan dengan microwave.

3. Melindungi isi produk

Penggunaan kemasan alumunium foil bisa bertindak sebagai pelindung atas makanan yang ada di dalamnya. Meskipun alumunium foil sangat tipis, namun bahan ini memiliki barrier yang kuat. Hal ini dapat memblokir cahaya, oksigen, dan zat lainnya untuk masuk ke dalam kemasan. Sehingga kemasan alumunium foil bisa meningkatkan kesegaran produk, melindungi dari kelembaban, dan secara efektif mampu mempertahankan rasa dan karakteristik asli dari produk.

4. Mudah dikreasikan

Lapisan kemasan alumunium foil dapat dikombinasikan dengan film plastik lain yang dapat dicetak dengan desain yang menarik. Hal ini perlu dilakukan mengingat kemasan memiliki peran sebagai alat promosi juga. Kamu harus bisa memancing perhatian mereka melalui kemasan yang kamu buat. Apabila konsumen sudah terpikat dengan kemasanmu, maka mereka akan lebih memilih produkmu dibandingkan produk lainnya.

Jenis Kemasan Alumunium Foil

Supernova Digipack bisa bantu menyediakan kemasan alumunium foil yang fleksibel bagi bisnismu! Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang jasa cetak kemasan, kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses pembuatan kemasan telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Berikut beberapa jenis kemasan fleksibel berbahan alumunium foil yang bisa kami buat:

1. Standing Pouch

Kemasan alumunium foil kamu bisa dibuat dalam bentuk standing pouch. Memiliki dudukan di bagian bawah kemasan, standing pouch memungkinkan kemasan kamu untuk diberdirikan ketika dipajang pada rak display ataupun etalase toko. Jenis kemasan standing pouch bisa kamu gunakan untuk mengemas produk cemilan, biskuit, kopi, teh, susu, dan sebagainya.

Di Supernova Digipack, jenis kemasan berbentuk standing pouch bisa dilengkapi dengan fitur zipper lock. Hal ini diperlukan agar konsumen lebih mudah membuka kemasan dan bisa langsung menutupnya kembali tanpa memerlukan bantuan alat lain seperti klip. Selain itu, adanya zipper lock juga membuat konsumen tidak perlu memindahkan isi produk ke wadah lain sebab kemasan dapat ditutup kembali (resealable).

2. Gusset

Kalau kamu bergerak di bidang usaha kopi, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis kemasan ini. Kemasan alumunium foil berbentuk gusset kerap kali dijadikan opsi terbaik untuk mengemas kopi. Sebab kemasan ini memiliki kemampuan untuk menjaga rasa serta aroma dari kopi yang ada di dalamnya. Tentunya ini menjadi hal yang sangat penting. Mengingat kamu harus menjaga kualitas kopi dengan baik agar konsumen bisa menikmati produk kamu selagi masih segar.

3. Three Block Seal

Apabila kamu membutuhkan kemasan alumunium foil untuk produk berkuantitas kecil, three block seal bisa jadi solusinya. Kemasan ini memiliki

segel di bagian kiri, kanan, dan bawah sehingga bisa memberikan perlindungan yang baik untuk produkmu. Karena dibuat dari bahan alumunium foil, maka kemasan ini tidak bisa ditembus sinar cahaya matahari langsung yang bisa menurunkan kualitas makanan di dalamnya.

4. Central Seal

Merupakan jenis kemasan alumunium foil yang memiliki segel di bagian tengah, central seal biasanya digunakan untuk mengemas produk cemilan bertekstur crispy. Teknik pengemasan yang seringkali digunakan untuk kemasan ini adalah nitrogen flushing, dimana oksigen yang ada di dalam kemasan akan dikeluarkan terlebih dahulu kemudian diisi dengan nitrogen. Hal ini bertujuan untuk menggembungkan kemasan agar isi produk bisa terjaga dengan maksimal dan tidak mudah hancur.

Selain membuat kemasan berbentuk standing pouch, gusset, three block seal, serta central seal, Supernova Digipack juga bisa membuat kemasan berbentuk vacuum pack. Namun material yang biasa digunakan untuk kemasan ini adalah plastik bukan alumunium foil.

Agar bisa memberikan tampilan yang menarik, kami mencetak kemasan kamu menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, yang bisa menghasilkan warna kemasan kontras, sangat tajam, serta tidak mudah luntur. Mesin ini pun memakai tinta solventless yang ramah lingkungan sebab bisa meminimalisir jejak karbon dan sudah tersertifikasi food safety. Hal ini membuat kemasan yang dibuat oleh Supernova Digipack aman untuk diaplikasikan pada produk makanan.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera pesan kemasan alumunium foil kamu hanya di Supernova Digipack! Dengan minimal order rendah yaitu 500 pcs* saja, kamu sudah bisa mendapatkan kemasan dengan harga yang sangat bersahabat lho! Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack di sini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp