pilih kemasan
TERNYATA KEMASAN DAPAT MENDUKUNG PROGRAM BISNIS UMKM LHO!  SIMAK SELENGKAPNYA!
https://supermodel-bestawards.s3.amazonaws.com/resized/migrated/entry/3606/Ha wthorne_8-0-2344-0-1652.jpg?k=45cadf9776

Salah satu penggerak ekonomi Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Keberadaan UMKM tidak dapat dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi masyarakat bangsa Indonesia. Sebab, UMKM sangat bermanfaat dalam hal mendistribusikan pendapatan masyarakat dan juga menciptakan kreatifitas yang sejalan dengan usaha dalam mempertahankan tradisi dan budaya setempat. UMKM pun dapat menjadi gerbang penyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Melihat potensi UMKM yang sangat besar, maka dari itu perlu banyak program pemberdayaan UMKM yang dalam pelaksanaannya perlu dioptimalkan dan digali kembali potensi-potensi yang ada agar dapat terus berkembang dan dapat memperkuat struktur ekonomi nasional. Pengembangan UMKM pun juga tidak lepas dari peran Pemerintah yang memberikan fasilitas dan program penunjang untuk pertumbuhan UMKM. Seperti mengadakan sistem permodalan, inovasi hasil produksi, perluasan jaringan pemasaran dan pengadaan sarana dan prasarana produksi. Hal-hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi UMKM.

Namun, ada satu hal yang seharusnya juga dapat dioptimalkan yaitu mengenai kemasan produk. Selama ini, banyak program pemberdayaan UMKM yang fokus pada hasil produksinya tapi tidak dengan kemasan yang digunakan. Padahal, kemasan dapat mendukung program dari pemberdayaan UMKM juga.

Manfaat Kemasan untuk Program UMKM

Kemasan merupakan salah satu poin penting dari sebuah produk, tak terkecuali produk UMKM. Saat ini, kemasan tidak hanya digunakan sebagai pelindung produk saja tapi kemasan juga digunakan sebagai media promosi untuk dapat memikat konsumen sehingga konsumen memiliki keputusan untuk membeli produk tersebut. Kemasan produk UMKM dapat menjadi salah satu jalan keluar agar UMKM dapat terus maju dan bersaing dengan produk-produk serupa di pasaran. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa kemasan dapat mendukung program bisnis UMKM:

1. Melindungi produk

Kemasan dapat mendukung program UMKM dengan melindungi produk-produk UMKM dari resiko eksternal yang ada, seperti air, cairan berbahaya, udara, dan cahaya matahari langsung. Dengan menggunakan kemasan, produk UMKM di dalamnya akan memiliki perlindungan penuh. Dan hal ini mempengaruhi pada poin yang kedua.

2. Mempertahankan kualitas

Seperti yang telah disebutkan, bahwa kemasan dapat melindungi produk sehingga kemasan dapat juga mempertahankan kualitas produk yang ada di dalamnya. Ketika produk tersebut terhindar dari faktor-faktor eksternal yang merusak, maka produk yang ada di dalamnya pun akan terjaga kualitasnya. Hal ini pun menjadi alasan bahwa kemasan dapat mendukung program UMKM agar menghasilkan produk yang kualitasnya terjamin.

3. Memudahkan proses distribusi

Tidak dipungkiri bahwa saat ini UMKM didorong untuk dapat memperluas pasar agar dapat lebih besar berkontribusi dalam perekonomian negara. Hal ini pun mendorong UMKM untuk dapat mengirim produknya ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke Luar Negeri sekalipun. Kemasan dapat mendukung program UMKM yang hendak melebarkan pasarnya dengan menjaga produk tetap aman dan memudahkan proses pendistribusian barang.

4. Menjadi ciri khas produk

Saat ini, banyak produk dengan berbagai merek hadir di pasaran. Sehingga, UMKM harus menaikan daya saingnya agar dapat bertahan di pasaran. Sehingga, lagi-lagi kemasan dapat mendukung program UMKM tersebut dengan berusaha membedakan kemasan produknya dengan kemasan produk lain yang sejenis sehingga konsumen akan mudah untuk membedakan produk yang dihasilkan perusahaan yang dimaksud dengan produk-produk perusahaan pesaing atau secara singkat menjadi sebuah ciri khas dari produk tersebut.

5. Menjadi daya tarik

Saat ini, banyak UMKM yang sadar bahwa kemasan dapat mendukung program UMKM sehingga mereka membuat kemasan yang menarik. Produk-produk UMKM yang terpajang di rak-rak supermarket harus dibuat semenarik mungkin sehingga konsumen akan tertarik dan mengambilnya. Apalagi saat ini banyak sekali tempat perbelanjaan yang self service, sehingga konsumen memiliki keleluasaan dalam memilih produk. Maka dari itu, kemasan sangat penting untuk menjadi daya tarik bagi konsumen.

Tips Membuat Kemasan untuk Produk UMKM

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa kemasan dapat mendukung program UMKM yang terus berkembang. Segitu pentingnya kemasan bagi produk UMKM, maka sebaiknya pelaku bisnis UMKM tidak membuat kemasan produk dengan asal-asalan. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam membuat kemasan untuk produk UMKM:

1. Material kemasan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat kemasan yang dapat mendukung program UMKM berkembang adalah material kemasan yang digunakan. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui karakteristik dari produk UMKM itu sendiri serta material apa yang sekiranya cocok dengan karakteristik tersebut dan bisa mempertahankan produk tersebut dengan maksimal. Selain untuk kepentingan produk, material juga berpengaruh pada value produk UMKM tersebut. Misalnya produk UMKM tersebut memiliki value eco-friendly juga mendukung sustainability, sudah pasti material kemasan yang kamu gunakan pun harus eco-friendly.

2. Bentuk kemasan

Pilihlah bentuk kemasan yang cocok dengan produk kamu. Karena setiap bentuk kemasan memiliki karakteristik berbeda-beda yang harus kamu sesuaikan dengan produkmu. Kamu juga dapat memilih bentuk kemasan yang menonjol agar tujuan kemasan dapat mendukung program UMKM dapat berkembang dengan menaikan awareness masyarakat dan meningkatkan penjualan dapat terpenuhi.

3. Informasi pada kemasan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan yang baik adalah kemasan yang menampilkan informasi mengenai produk secara jelas. Agar kemasan dapat mendukung program UMKM untuk terus berkembang, maka ketika membuat sebuah kemasan perlu mencantumkan informasi-informasi yang jelas, seperti kegunaan produk, manfaat produk, bahan produk, saran penyimpanan, saran penyajian dan informasi-informasi lainnya yang terkait dengan produk UMKM tersebut. Dalam kemasan pun disarankan untuk menempatkan identitas UMKM seperti nama atau logo.

4. Elemen desain

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tertarik dengan sisi visual. Sehingga, buatlah produk dengan memperhatikan elemen desainnya, Buatlah produk yang memiliki tampilan menarik dan juga bisa memikat perhatian konsumen dan menaikan penjualan produk tersebut sehingga akhirnya kemasan dapat mendukung program UMKM untuk menaikan penjualan. Gunakanlah gambar yang menarik dan juga warna yang eye catching di dalam produk.

Supplier Cetak Kemasan UMKM Berkualitas

Itu dia beberapa tips dalam membuat kemasan agar kemasan dapat mendukung program UMKM yang terus berkembang dan dapat menaikan omset UMKM. Kesulitan untuk memenuhi tips-tips diatas? Konsultasikan saja dengan Supernova Digipack. Supernova Digipack merupakan jasa cetak kemasan yang telah berpengalaman selama 30 tahun menyediakan berbagai kemasan untuk banyak brand dan juga UMKM. Supernova Digipack menyediakan berbagai jenis kemasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk UMKM. Dengan sertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, seluruh proses pencetakan kemasan sudah terjamin sesuai dengan standar produksi keamanan pangan. Jadi, untuk kamu yang memiliki produk UMKM di bidang kuliner nggak perlu khawatir untuk menggunakan kemasan dari Supernova Digipack sebagai kemasan produk UMKM kamu. Supernova Digipack pun menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, Supernova Digipack bisa menghasilkan cetakan kemasan yang berkualitas tinggi, berwarna kontras dan sangat tajam (HD). Sehingga, kemasan produk UMKM kamu dijamin memiliki kualitas yang sangat baik.

Mau punya kemasan yang dapat mendukung program bisnis UMKM kamu? Hubungi Supernova Digipack sekarang juga di sini ya!


Whatsapp