pilih kemasan
TERUJI AMPUH! GUNAKAN ALAT INI BIAR PRODUKMU TETAP SEGAR
Illustration from: jakkrit pimpru/Shutterstock

Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti pengen kalo produkmu bisa didistribusikan ke seluruh Indonesia, kan? Dengan distribusi produk yang luas, otomatis produk berpotensi untuk dikonsumsi lebih banyak orang, jadi bisnismu bisa berkembang dengan sangat cepat. Tapi, untuk bisa sampai ke tempat yang jauh, kamu harus bisa memastikan bahwa produk kamu tetap dalam kondisi yang sangat bagus, jadi konsumen gak kecewa. Kamu udah tau belum ada alat ampuh yang bisa memastikan produk makanan kamu tetap fresh meskipun dikirim ke tempat yang jauh?

Alat itu adalah Silica Gel.

Silica gel adalah inovasi besar dalam dunia bisnis, untuk memungkinkan kamu melakukan distribusi produk ke tempat yang jauh, tanpa harus takut produk tersebut jadi rusak terutama buat produk kamu yang rentan dengan kelembapan. Buat kamu yang belum pernah liat, bentuk silica gel biasanya dikemas dalam kemasan kecil, dan diselipkan di dalam kemasan produk untuk menjaga produk tetap fresh selama proses distribusi, dan tidak sampai berjamur. Bentuknya kaya gini nih

Meskipun namanya ‘gel’, tapi silica gel tidak berbentuk cair, melainkan punya bentuk seperti butiran pasir yang mengkristal. Silica gel dibuat secara sintetis dari natrium silikat (sumber). Artinya, silica gel tidak terbentuk secara alami di alam, ya! 

Fungsi utama dari silica gel adalah untuk menyerap kandungan air, yang bisa jadi muncul setelah proses pengemasan dilakukan. Pada awalnya, silica gel dibuat ketika perang dunia 1, sebagai bahan filter gas mask, untuk menyerap gas beracun yang digunakan musuh saat perang. Setelah itu, silica gel mulai digunakan di produk obat-obatan dan produk makanan, untuk bisa dikirim dari negara asalnya, ke medan perang tanpa takut makanan dan obat akan berjamur. Ini karena, obat-obatan terbuat dari campuran zat-zat kimia, yang akan bereaksi terhadap kondisi lembab, dan membuat obat itu menjadi kurang efektif. Untuk produk makanan, silica gel berfungsi menjaga kelembaban makanan, agar tidak terlalu lembab dan akhirnya muncul jamur.

Di era saat ini, silica gel digunakan di hampir seluruh industri, mulai dari industri makanan, kosmetik, pakaian, sepatu, hingga barang elektronik. Fungsinya yang dinilai efektif menyerap kelembapan, bisa menjaga produk tetap baik dalam waktu yang lama, walaupun selalu berada di dalam kotak/ kemasannya. 

Ketika kantong berisi silica gel dimasukan ke dalam kemasan, alat ini akan menyerap air, dan menyimpannya di dalam rongga-rongganya. Apabila silica gel sudah terlalu banyak menyerap air, silica gel bisa ‘mengeluarkan kembali’ uap air yang sudah disimpan di dalamnya. Hal ini tentu ga diinginkan dan kemasan dengan kualitas yang terbaik dapat mencegah banyaknya uap air yang masuk ke dalam kemasan.

Di pasaran, silica gel dijual dalam bentuk kantong kecil, yang siap pakai. Untuk kamu para pemilik produk makanan, obat-obatan (baik herbal-non-herbal), produk sepatu, dan produk lainnya yang perlu dijaga kelembabannya, kamu bisa menggunakan silica gel sebagai alat ampuh untuk menjaga produkmu tetap dalam kondisi bagus, meskipun berada di dalam kemasan untuk waktu yang lama.


Whatsapp