pilih kemasan
TINGKATKAN DAYA TARIK PRODUKMU DENGAN CETAK KEMASAN

Saat ini, pasar telah dipenuhi oleh berbagai merek dagang dan produk yang menjadikan pasar menjadi sangat kompetitif. Kemudahan dalam mendapatkan informasi dan berbelanja di dunia digital pun membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Hal tersebut juga membuat pasar lebih kompetitif lagi. Faktanya salah satu riset mengatakan bahwa 70% dari pembelian supermarket tidak direncanakan sejak awal dan keputusan pembelian tersebut sangat dipengaruhi oleh seperti apa produk yang terdapat pada etalase. Ketika hal itu terjadi, maka kemasan pada akhirnya merupakan salah satu hal yang dapat menjual produk. Kombinasi desain yang baik dan kualitas cetak dan finishing yang tinggi akan membuat produk kamu menonjol di etalase dibandingkan kompetitor produk kamu. Maka dari itu, cetak kemasan yang terbaik untuk produk kamu menjadi hal yang sangat penting saat ini untuk meningkatkan daya tarik produk.

Cetak kemasan untuk produk kamu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen hanya melihat sekitar 50% dari produk yang dipajang, jadi tantangan pertama adalah membuat kemasan yang menarik. Tantangan kedua adalah untuk menarik konsumen untuk mengambil produk kamu. Jika kamu bisa membuat konsumen mengambil produk kamu dari etalase, kamu sudah hampir berhasil. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen cenderung tidak mengembalikan produk ke etalase setelah mereka mengambilnya. Konsumen memilih untuk membeli suatu produk karena mereka percaya bahwa produk tersebut akan berguna bagi kehidupan mereka. Perlu ada korelasi langsung antara harga yang bersedia mereka bayar dan nilai yang akan mereka terima dari produk tersebut. Kemasan dapat digunakan untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari suatu produk tersebut. Bahkan ada produk yang dijual di mana kemasan sebenarnya lebih mahal daripada produk, tetapi karena nilai produk yang dirasakan konsumen bersedia membayar mahal.

Bagaimana cara agar kemasan yang digunakan dapat meningkatkan nilai produk dan dapat menjadi daya tarik produk? Kamu dapat berpikir out of the box. Coba untuk keluar dari zona nyaman dengan cetak kemasan yang unik dan beda dari yang biasa digunakan. Kamu bisa melakukan banyak riset untuk menemukan kemasan yang unik dan ikonik untuk produk kamu. Dengan kemasan berdesain unik dan ikonik, akan mudah untuk dikenali oleh konsumen. Dengan berpikir out of the box dapat mengarah pada penemuan cara baru dan berinovasi. Lalu, coba buat kemasan produk kamu memiliki desain yang menonjol. Sebab, ada banyak konsumen yang hanya akan membeli suatu produk karena kemasannya saja. Sebuah desain yang menonjol dan membuat kesan pertama yang mencolok memungkinkan produk tersebut dilihat oleh konsumen. Konsumen kerap kali menilai sebuah buku dari sampulnya dan dalam hal ini ialah kemasan pada sebuah produk. Mereka akan memutuskan apakah mereka menyukai suatu produk atau tidak hanya dengan bagaimana produk itu sampai di depan pintu mereka.

Lalu, bagaimana membuat desain yang dapat menarik perhatian? Ikuti tips-tips berikut ini:

1. Desain kemasan sesuai dengan target konsumen

Pikirkan tentang kepada siapa kamu akan menjual produk kamu dan apa yang menurut mereka menarik. Kemasan adalah representasi visual dari apa yang ada di dalamnya, jadi cetak kemasan menggunakan grafik yang sesuai dengan produk kamu. Contohnya, kemasan produk bayi, tentunya akan memiliki tampilan yang sama sekali berbeda dari kemasan barang elektronik bukan?

2. Gunakan kata-kata menjual yang tepat

Letakan pada kemasan kamu informasi kepada calon konsumen mengenai deskripsi produk dan alasan mengapa calon konsumen harus membelinya. Gunakan kalimat yang menjual namun tetap sederhana. Jangan cetak kemasan dengan terlalu banyak teks atau desain yang terlalu ramai. 

3. Pilih warna dan font dengan tepat

Kamu tentu ingin kemasan produk kamu menarik perhatian tetapi tidak norak bukan? Sebelum kamu cetak kemasan, maka ada baiknya memilih warna dan font secara cermat. Pemilihan warna harus melengkapi dan menyempurnakan produk, bukan melawan atau kontras dengannya. Pilih jenis huruf yang khas namun tetap dapat dibaca, yang sesuai dengan logo produk. 

4. Jujur

Apa yang ditampilkan di luar kemasan harus sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Jika tidak, kamu akan kehilangan pelanggan dan tidak akan ada yang mempercayai produk kamu lagi. Gunakan gambar dan desain sesuai realita ketika kamu melakukan cetak kemasan.

5. Praktis

Cetak kemasan yang praktis dari segi bentuk, ukuran, fungsi, dan bahan. Pastikan tahan lama, mudah dibuka, dan mudah dibawa. Jika produk berat, pertimbangkan pegangan atau cara lain agar konsumen dapat mengambilnya dengan lebih mudah. 

6. Otentik

Desain kemasan yang otentik bisa menjadi karakteristik yang sulit untuk didefinisikan, tetapi konsumen kamu pasti mengetahuinya ketika mereka melihatnya. Cetak kemasan yang otentik dengan melibatkan nilai-nilai dari merek kamu. Orisinalitas dalam desain kemasan kamu dapat membantu kamu membangun merek yang mudah diingat oleh konsumen. 

7. Bentuk kemasan unik

Kamu dapat cetak kemasan dengan bentuk yang unik. Desain kemasan dengan bentuk yang tidak biasa bisa menjadi proses yang sangat menantang, tetapi dapat menjadi ide yang sangat menarik. Kemasan berbentuk unik benar-benar akan menonjol di etalase dan dapat menjadi aset brand yang kamu kelola. 

8. Informasi jelas

Jangan pernah biarkan konsumen kamu tidak tahu apa produk yang kamu jual. Membiarkan konsumen menebak-nebak terkadang memanglah bagus untuk pemasaran tetapi membuat mereka menebak segala sesuatu tentang produk bukanlah ide yang bagus sama sekali. Cetak kemasan dengan sangat jelas tentang apa produk itu dan apa merek di baliknya karena beberapa detik melihat kemasan itu memutuskan apakah produk itu akan tetap berada di etalase atau dibawa pulang bersama konsumen 

9. Gunakan material yang berkualitas

Bahan kemasan memanglah bukan hal yang dapat dilihat oleh mata konsumen pertama kali. Namun, bahan kemasan yang digunakan dapat menjadi faktor apakah konsumen akan melakukan pembelian ulang (repurchase) atau tidak. Cetak kemasan dengan menggunakan bahan yang berkualitas agar konsumen tidak kecewa dan terus melakukan repurchase.

10.Keamanan penyimpanan kemasan

Keamanan adalah yang terpenting, terutama untuk produk makanan. Cetak kemasan yang melindungi produk. Selain itu, cetak kemasan yang apabila ditumpuk akan aman. Hal ini menghindari produk rusak ketika diletakkan di etalase karena proses penyimpanan yang tidak aman. Sehingga konsumen akan melihat kemasan tidak sebagus semestinya.

Nah, itu dia beberapa tips membuat desain kemasan lebih menarik lagi. Untuk cetak kemasan yang menarik, kamu dapat percayakan kepada Supernova DIgipack. Kami merupakan produsen kemasan berkualitas yang telah lebih dari 30 tahun bergelut dalam bidang pengemasan. Kami telah berpengalaman dalam menyediakan kemasan unik dan berkualitas. Untuk menunjang penyediaan kemasan yang berkualitas tinggi, kami menggunakan teknologi tinggi pula. Kami menggunakan mesin printer HP Indigo 20000 yang dapat menghasilkan kemasan dengan kualitas terbaik, setara kelas industri. Yuk segera kunjungi website Supernova Digipack untuk melakukan pemesanan kemasan sesuai dengan yang kamu butuhkan!


Whatsapp