pilih kemasan
TINGKATKAN UPAYA BRANDING PRODUK LEWAT WINDOW PACKAGING

Buat kamu yang punya bisnis berupa produk (bukan bisnis jasa), kamu pasti sadar kalo kemasan itu bagian penting dari branding produk yang kamu jual. Itu kenapa, banyak pemilik bisnis di luar sana dan mungkin kamu sendiri, butuh waktu berpikir dan menimbang-nimbang waktu mau nentuin kemasan yang cocok buat produk yang dijual. Dari mulai ukuran, jenis kemasan, bentuk, warna, dan tentu aja harga. 

Semua pemilik bisnis pasti mencari kemasan yang bisa mencapai titik value for money untuk produknya. Value for money berarti harga kemasan berbanding dengan bentuk, ukuran, dan jenis kemasan yang diinginkan. Meskipun bukan yang paling bagus, tapi titik value for money seringkali dipilih karena dianggap worth it, tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah,  tapi cukup bisa memenuhi keinginan si pemilik bisnis. Utamanya, kemasan ini bisa membantu branding dari produk itu nantinya, dan bisa menambahkan value untuk customer nanti. Salah satu jenis kemasan yang dianggap sangat value for money adalah jenis kemasan window packaging.

Window packaging adalah jenis kemasan yang punya bagian transparan/ bening di bagian tertentu pada kemasan. Sesuai namanya, window yang berarti jendela, punya arti kalo kemasan ini memungkinkan konsumen kamu “mengintip” langsung produk yang ada di dalam kemasan lewat bagian yang kemasan yang transparan/ bening, tanpa harus buka kemasannya terlebih dulu.

Beda dengan plastik bening yang biasa digunakan untuk mengemas snack homemade yang dijual di warung, window packaging biasanya tetap memiliki bagian dengan warna solid dengan bagian tertentu dari kemasan yang dibuat transparan. Untuk ngasih kamu bayangan, ini adalah contoh kemasan dari window packaging.

Gimana? Cakep kan?

Sisi transparan/ bening di kemasan jenis ini bisa menambahkan kesan premium di produk yang dijual. Dibandingkan menggunakan kemasan yang sepenuhnya tertutup (solid), kemasan jenis ini bisa membantu pemilik bisnis untuk melakukan branding dengan lebih baik lagi, dengan memberikan kesan “jujur dan apa adanya” kepada konsumen. Artinya, pemilik bisnis tidak menutupi “keburukan” produknya” karena sudah yakin produk yang dijualnya berkualitas tinggi. 

Selain itu, kemasan jenis ini punya kelebihan sendiri buat konsumen. Dengan adanya bagian bening/ transparan di kemasan, konsumen gak perlu lagi buka tutup kemasan untuk lihat sisa makanan yang ada di dalam kemasan. Cukup dilihat dari “jendela” di kemasan, bisa langsung tahu deh sisanya sebanyak apa. Ini adalah fitur yang cukup premium untuk konsumen.

Window packaging biasanya dibuat dengan bahan full plastik, yang kemudian di print menggunakan digital printing, dengan meninggalkan bagian tertentu tetap transparan. Proses ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jenis kemasan yang cantik dan menarik lewat desain yang bisa nunjukin bahwa produk yang dijual memiliki kualitas premium. 

Untuk kamu yang mau coba kemasan jenis ini, kamu bisa langsung tanya dan konsultansi soal produkmu ke Supernova Digipack. Kamu bisa diskusi dengan tim professional yang bakal bantu kamu nentuin jenis kemasan, bentuk, dan warna kemasan yang akan cocok sama produkmu, secara gratis! Setelah kamu tahu kemasan apa yang cocok untuk produkmu, tim dari Digipack Supernova bakal bantu kamu untuk proses kemasan yang kamu mau, dengan harga yang terjangkau banget!

Yuk coba sekarang!


Illustration from: Pinterest

Whatsapp