pilih kemasan
TIPS MEMBUAT KEMASAN POPCORN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Source: https://images.app.goo.gl/e2N7S38nnf4DVHSt6

Semenjak konsumen lebih banyak berdiam diri di rumah akibat pandemi, peluang usaha makanan ringan pun meningkat. Keinginan untuk mencoba hal-hal baru, kebutuhan akan makanan yang menenangkan selama masa-masa stres di rumah, dan juga kemudahan memesan makanan secara online telah berkontribusi pada pertumbuhan pasar makanan ringan. Salah satu makanan ringan yang menjadi favorit bagi banyak orang adalah popcorn. Tidak hanya saat menonton film, popcorn pun saat ini dapat menjadi teman santai dalam situasi apapun terlebih di kondisi pandemi saat ini. Bahkan menurut data yang dilansir dari Fior Markets, pasar dari camilan popcorn secara global diperkirakan akan mencapai lebih dari 6,22 miliar dollar pada tahun 2026. Dengan para ahli berspekulasi bahwa orang akan terus tinggal di rumah karena kekhawatiran COVID, sehingga proyeksi penjualan popcorn dapat terus meningkat. Dengan tingginya minat masyarakat terhadap popcorn, maka lebih banyak merek dan variasi popcorn bermunculan, terutama dalam kemasan popcorn siap saji untuk memudahkan konsumen mengkonsumsi camilan asin ataupun manis seperti popcorn.

Meskipun pasar cemilan popcorn sangat luas, namun hal itu selaras dengan persaingan pasar yang cukup ketat. Maka dari itu, diperlukan strategi-strategi khusus agar penjualan popcorn tetap naik. Salah satu strategi yang patut untuk dipertimbangkan adalah strategi pemasaran melalui kemasan popcorn. Sebab, kemasan saat ini tidak hanya digunakan sebagai sebuah pembungkus saja. Namun, kemasaan saat ini digunakan sebagai suatu ciri khas dari sebuah produk dan dapat menjadi media promosi bagi produk tersebut. Kemasan popcorn yang bagus pun berpotensi untuk menarik perhatian konsumen, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui kemasan popcorn pun tidak dapat dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan seperti:

1. Bahan yang digunakan

Karena popcorn merupakan produk makanan, maka dari itu diperlukan bahan kemasan yang memenuhi standar food grade atau standar produk yang aman untuk digunakan pada produk makanan. Ada berbagai macam bahan berstandar food grade yang dapat dipilih sebagai bahan dasar dari kemasan popcorn, seperti alumunium foil, plastik Polyethylene Terephthalate (PET), plastik Low Density Polyethylene (LDPE), plastik High-Density Polyethylene (HDPE), serta plastik Polypropylene (PP). Bahan-bahan tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk produk makanan.

2. Ketahanan kemasan

Pastikan kemasan popcorn yang kamu pilih memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap faktor eksternal yang dapat merusak produk popcorn di dalamnya, seperti sinar matahari langsung, air, zat asam, minyak dan udara. Gunakanlah bahan atau material kemasan yang dapat melindungi dari semua faktor eksternal tersebut, seperti bahan alumunium foil yang terbukti memiliki ketahanan maksimal terhadap barier dan juga bahan plastik yang kokoh.

3. Fungsional

Pilihlah kemasan popcorn yang tidak hanya dapat menjadi wadah makanan, namun juga memiliki fungsi lain yang dapat mempermudah konsumen. Misalnya, gunakanlah kemasan memiliki zipper lock. Fitur zipper lock pada kemasan berguna untuk memastikan kehigienisan produk yang maksimal. Konsumen biasanya sangat menyukai kemasan yang memiliki penutup berupa zipper lock karena dapat ditutup kembali, dan hal ini sangat membantu membedakan produk kamu dengan produk popcorn sejenis.

Setelah memperhatikan hal-hal diatas bagi kemasan popcorn kamu, selanjutnya yang dapat kamu perhatikan adalah bagaimana desain kemasan agar dapat menarik konsumen sehingga penjualan dapat meningkat. Salah satu hal wajib yang harus ada pada desain kemasan adalah informasi mengenai produk. Sebaiknya, bubuhkan informasi produk secara lengkap, namun padat dan jelas, pada kemasan sehingga konsumen dapat mengenal produk popcorn dengan baik dan dapat membedakan produk popcorn kamu dengan produk popcorn lainnya. Informasi mengenai produk pun harus disampaikan secara jelas dengan menggunakan jenis dan ukuran font yang tepat. Selain itu, pemilihan dan kombinasi warna dapat menjadi faktor yang penting untuk dapat menarik perhatian konsumen. Gunakan pilihan warna yang cerah dan gunakan kombinasi 2 hingga 3 warna saja agar kemasan tetap terlihat menarik tanpa terkesan norak. Hal terakhir yang dapat kamu perhatikan dalam desain kemasan popcorn kamu adalah bentuk dari kemasan itu sendiri. Gunakan kemasan yang menunjukan sisi estetika sehingga dapat menonjol apabila produk dipajang di etalase toko. Desainlah bentuk kemasan sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah ciri khas dari produk popcorn kamu dibandingkan oleh produk popcorn sejenis. Berikut ini merupakan beberapa jenis kemasan yang dapat kamu gunakan untuk produk popcorn kamu:

1. Kemasan standing pouch

Kemasan standing pouch merupakan salah satu jenis kemasan yang dapat kamu gunakan untuk produk popcorn kamu. Bentuknya yang unik dengan dudukan dibagian bawahnya, sehingga kemasan standing pouch dapat diberdirikan dan dapat menarik perhatian konsumen. Kemasan standing pouch pun dapat dilengkapi dengan zipper lock sehingga dapat menambah nilai fungsional kemasan popcorn kamu karena dapat mempermudah konsumen dalam mengkonsumsi dan menyimpan produk popcorn kamu.

2. Kemasan central seal

Kemasan berikutnya yang dapat menjadi kemasan popcorn adalah kemasan central seal. Kemasan central seal memiliki bentuk yang menyerupai sebuah bantal. Sebab, kemasan central seal memiliki seal atau penutup di bagian atas dan bawahnya dan juga kemasan dikembungkan dengan diisikan nitrogen atau oksigen ke dalam kemasan. Tujuannya adalah agar produk di dalam kemasan tidak mudah hancur. Sehingga, kemasan ini sangat cocok apabila digunakan sebagai kemasan produk popcorn kamu.

3. Kemasan Gusset

Selanjutnya, ada kemasan gusset yang juga cocok untuk menjadi kemasan popcorn. Kemasan gusset Kemasan ini menggunakan bahan alumunium foil yang tahan terhadap udara, kelembaban dan juga sinar matahari sehingga cocok untuk menjadi kemasan cemilan seperti popcorn yang membutuhkan waktu simpan dalam jangka yang cukup lama. Kemasan ini juga memiliki bentuk yang cukup unik karena seperti sebuah bantalan yang dapat diberdirikan.

Itu dia beberapa kemasan yang dapat dipilih sebagai kemasan popcorn yang dapat meningkatkan penjualan produk popcorn kamu. Dapatkan kemasan-kemasan tersebut hanya di Supernova Digipack yang telah berpengalaman sebagai jasa cetak kemasan bagi berbagai produk. Supernova Digipack telah lebih dari 30 tahun berada pada industri kemasan dan telah menghasilkan berbagai jenis kemasan dengan kualitas terbaik. Kami menggunakan teknologi HP Indigo 20000 yang bisa mencetak kemasan popcorn dengan kualitas tinggi. Warna yang dihasilkan sangat kontras, tajam, serta tidak mudah luntur. Jadi design buatan kamu bisa tercetak dengan sempurna pada lapisan kemasan dan membuat konsumen menginginkan produkmu!

Supernova Digipack telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management yang menunjukkan bahwa proses pembuatan kemasan sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan kemasan popcorn pada kami.

Dapatkan kemasan sesuai yang kamu inginkan hanya dengan MOQ 500 pcs* di Supernova Digipack. Kunjungi website Supernova Digipack sekarang juga!

*S&K berlaku


Whatsapp