pilih kemasan
TIPS MEMILIH KEMASAN YANG COCOK UNTUK PRODUKMU (BAGIAN 2)

Nah, gimana nih? Sekarang kamu jadi tahu kan beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk milih kemasan produk? Buat kamu yang belum baca part 1 nya, bisa langsung baca di sini ya!

Setelah tau beberapa tips terkait bahan, ukuran, dan jenis kemasan, ada beberapa tips lain yang perlu kamu pertimbangan, yaitu terkait distribusi produk, dan display produk kamu nantinya. Ini karena bahan, ukuran, dan jenis kemasan punya andil yang besar, buat mastiin kalo kamu bisa mendistribusikan produkmu secara efektif dan efisien, dan bisa menaruh produkmu dengan display yang tepat sesuai dengan kemasannya. 

Tapi sebelum itu, kamu udah tahu kan distribusi produk dan display produk?

Jadi, distribusi produk adalah proses untuk mengirimkan produkmu, ke satu atau lebih tempat, untuk akhirnya bisa sampai ke toko tempat produkmu akan mudah ditemui sama konsumen. Bagi kamu yang berjualan online, distribusi juga bisa diartikan mengirimkan produk langsung ke konsumenmu melalui jasa kurir logistik. Sedangkan display produk adalah proses menampilkan produkmu (jika kamu punya toko fisik), agar calon konsumen nantinya mudah untuk menemukan produknya. Untuk kamu yang gak punya toko fisik, etalase tokomu di e-commerce juga adalah bentuk lain dari display produk.

Distribusi produk dan display produk punya kaitan erat banget sama tips terkait bahan, ukuran, dan jenis kemasan produk yang udah kita bahas di tips sebelumnya. Ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan terkait distribusi produk dan display produk:

  1. Pastikan jenis kemasan sesuai jarak maksimal distribusi produk
    Untuk kamu yang punya bisnis online, bukan gak mungkin kamu akan dapet orderan dari tempat yang cukup jauh, dan membutuhkan perpindahan beberapa jenis alat transportasi, sampai akhirnya bisa sampai ke tempat tujuan. Yang perlu kamu perhatikan, pastikan kemasan produk bisa menahan tekanan dalam waktu yang cukup lama ketika produknya akan dikirimkan ke wilayah yang jauh. 

  2. Pastikan ukuran kemasan sesuai untuk menghemat cost distribusi
    Secara biaya, kamu pasti ingin proses distribusi produkmu bisa se-efisien mungkin. Untuk kamu yang baru memulai UMKM, mungkin menurutmu biaya distribusi belum jadi concern kamu, karena kamu pikir biaya kirim ditanggung pembeli, dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Tapi, seiring bisnismu berkembang, biaya distribusi bisa jadi beban yang merugikan, kalo kamu gak tahu cara mengelolanya. Dengan kemasan yang berukuran tepat, kamu gak perlu takut produkmu rusak & juga biaya distribusi tidak akan membengkak nantinya. 


  3. Pilih bahan kemasan yang cocok dengan branding produkmu
    Di era ini, kamu juga pasti sadar kalau kemasan itu udah beragam banget. Ini karena teknologi digital printing yang semakin maju, jadi kamu bisa mencetak apapun yang kamu mau pada kemasan, supaya branding produkmu jadi maksimal.
    Supaya menarik konsumen, pastikan produk yang kamu display punya warna dan desain yang menarik juga. Tapi, gak semua bahan kemasan bisa cocok untuk semua desain, sehingga kamu perlu mastiin dulu, desain apa yang cocok buat merepresentasikan produkmu. Buat referensi tren desain 2022, kamu bisa liat di sini nih!

Nah buat kamu yang masih ragu dan bingung buat milih jenis kemasan, ukuran kemasan, dan bahan kemasan untuk produkmu, kamu bisa langsung konsultasi aja sama Digipack Supernova. Kami bisa bantu kamu buat nentuin semua elemen penting di kemasan, jadi kamu bisa melakukan branding produkmu dengan maksimal. Dengan teknologi digital printing terbaru dan didukung tim yang berpengalaman selama lebih dari 30 tahun di dunia pembuatan kemasan, kami yakin kalo kamu bisa dapat yang kemasan yang terbaik dari Digipack Supernova!

Klik di sini untuk konsultasi gratis!


Whatsapp