pilih kemasan
TIPS MEMILIH WARNA KEMASAN YANG MENARIK UNTUK BRANDING PRODUKMU
Illustration from: Pinterest

Kamu juga pasti sadar, kalo kemasan makanan/ minuman di pasaran itu jenisnya banyak banget. Ada kemasan berwarna solid, ada juga kemasan yang menggunakan paduan banyak warna sehingga terlihat abstrak. Tapi, kamu tahu gak sih, kalo milih warna kemasan itu gak bisa sembarangan?


Seperti hal nya memilih warna dari brand kamu, memilih warna buat produkmu juga harus dipikirkan. Karena, ternyata setiap warna yang kamu pilih, bisa ngasih interpretasi yang beda banget. Hal ini udah lama banget digunakan sama brand-brand besar yang sudah pasti kamu tahu namanya, untuk menyesuaikan warna yang dipilih dengan produknya. Dasar ilmu dari pemilihan warna ini adalah psikologi warna atau colour psychology.


Kamu udah pernah dengar soal ini belum?

Jadi, ternyata setiap warna punya dampak psikologis buat orang yang ngeliatnya. Kamu dan jutaan orang lainnya, mungkin gak sadar ada pengaruh psikologi warna ketika kamu memutuskan untuk beli suatu produk.


Berikut adalah beberapa warna umum yang biasa digunakan di kemasan, termasuk dampaknya untuk konsumen kamu saat melihatnya:

  1. Merah
    Secara umum, warna merah bisa punya efek psikologis untuk mempercepat metabolisme di badanmu, sehingga mudah memunculkan rasa lapar. Kalo kamu sadar, hampir semua merk fastfood raksasa punya warna branding merah yang dominan, kan? Itu karena mereka berharap orang akan gampang ngerasa lapar, ketika lihat warna dari branding yang dominan di bangunan store-nya itu sendiri.
    Selain itu, warna merah juga diketahui bisa memicu detak jantung, dan adrenalin. Makanya, banyak juga warna branding produk-produk yang terkait dengan kegiatan extreme, menggunakan warna merah di logo dan kemasannya


  2. Biru
    Warna biru identik dengan air. Berbanding terbalik dengan warna merah, warna biru punya efek menenangkan. Warna branding dengan warna biru yang dominan bisa meningkatkan rasa percaya konsumen kepada brand, karena warna biru juga disebut merepresentasikan rasa tanggung jawab. Itulah kenapa banyak perusahaan jasa menggunakan warna biru sebagai warna dominan.
    Terkait dengan branding, kamu juga bisa menggunakan warna biru untuk bisnis yang terkait dengan jasa. Biru juga melambangkan maskulinitas, sehingga lebih cocok apabila produkmu memang ditujukan untuk konsumen pria.


  3. Hijau
    Warna hijau melambangkan alam (nature), dan kesehatan (wellness). Oleh karena itu, warna hijau cukup banyak digunakan oleh brand-brand makanan sehat, dan juga produk jasa seputar kesehatan.
    Untuk kamu yang punya bisnis makanan organik, kamu bisa menggunakan warna branding hijau di dalam logo, maupun dicetak jadi warna dominan di kemasan produkmu


  4. Hitam
    Warna hitam punya kesan yang maskulin. Pemilihan warna hitam di kemasan, menandakan bahwa produk tersebut memang secara khusus diperuntukan untuk laki-laki, atau untuk perempuan yang tidak feminim. Warna hitam juga melambangkan kekuatan (strength). Makanya, kalo kamu sadar, banyak produk terkait dengan cowok yang menggunakan warna hitam sebagai warna dominan di kemasan produknya.

      

  5. Putih
    Warna putih punya kesan bersih dan murni. Warna putih sering diasosiasikan dengan sesuatu yang hampir sempurna, dan jadi simbol kebersihan. Makanya, banyak produk kecantikan di luar sana, terutama produk yang diklaim bisa membersihkan/ memutihkan, menggunakan warna putih sebagai warna branding yang dominan di kemasannya. 


Jadi, buat kamu yang masih bingung mau pakai warna apa untuk kemasanmu, kamu bisa sesuaikan dengan produk yang kamu jual. Cari warna yang cocok untuk merepresentasikan produkmu, biar produkmu lebih gampang diterima pasar.

Sudah tahu warna apa yang cocok untuk produkmu?





Whatsapp