pilih kemasan
TIPS SEPUTAR PEMBUATAN DESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang banyak peminatnya. Karena bisnis ini memiliki pasar yang luas, produk yang variatif, juga terbilang mudah untuk mengelolanya. Mulai dari produk makanan ringan seperti keripik, hingga makanan siap saji seperti produk frozen food berupa nugget, sosis, siomay, bakso, dan sebagainya. Namun karena tingginya persaingan di bidang ini, kamu pastinya membutuhkan diferensiasi agar bisa tampak lebih menonjol dibandingkan para kompetitor. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat desain kemasan produk makanan yang menarik.

“Kenapa harus membuat desain kemasan produk makanan yang menarik? Kenapa saya tidak membuat produk yang dibuat dari bahan baku yang berkualitas dan membuat produk yang sangat lezat?”, mungkin kalimat-kalimat seperti itu yang terlintas di benakmu saat membaca paragraf sebelumnya. Namun apakah kamu tahu? Bahwa kemasan memegang peran yang penting dalam penjualan kamu. Bahkan berdasarkan riset, terdapat 66% konsumen yang membeli produk hanya karena tampilan kemasannya saja yang menarik.

Konsumen hanya mempunyai waktu 7 detik untuk menentukan pilihannya. Dalam waktu sesingkat itu, kamu harus bisa meyakinkan mereka kalau produk makanan kamu layak untuk dipilih dibandingkan dengan produk buatan kompetitor. Apabila kamu menggunakan desain kemasan produk makanan yang bisa memikat perhatian konsumen, mereka pasti akan tertarik untuk menghampiri produk kamu dan terdorong untuk melakukan pembelian.

Oleh karenanya, kamu tidak boleh menyepelekan peran desain kemasan produk makanan untuk penjualan kamu ya! Selain memiliki tampilan yang menarik, pastikan juga kalau kemasan yang kamu sediakan efektif dan bisa memberikan kenyamanan untuk para konsumen. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa membuat desain kemasan yang menarik dan pastinya bisa membantu penjualan kamu meningkat.

1. Produk harus tampak menarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam pembuatan desain kemasan produk makanan kamu harus membuatnya semenarik mungkin. Selain dari tampilan visual, baik bentuk yang kamu gunakan pun harus menarik dan pastinya sesuai dengan produk yang kamu jual.

2. Penggunaan tipografi

Ketika ingin membuat desain kemasan produk makanan, salah satu aspek penting yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan tipografi. Tipografi merupakan. Kamu harus bisa memilih tipografi yang tepat. Jangan sampai kamu menyajikan informasi dalam ukuran huruf yang kecil dan sulit dibaca. Hal tersebut pastinya akan tampak kurang menarik bagi para konsumen. Beri informasi yang jelas dan cukup untuk para konsumen mengenai produkmu. Sebab mereka pastinya ingin mengetahui informasi dan juga value yang diberikan oleh produkmu sebelum mereka memutuskan untuk mengeluarkan uangnya dan membeli produkmu.

Apabila kamu memang sudah menyajikan informasi yang lengkap pada desain kemasan produk makanan yang kamu buat, namun tipografi yang digunakan kurang tepat, konsumen pun tidak akan tertarik dengan produk kamu dan berpaling pada produk dari brand lain.

3. Pemilihan warna kemasan

Warna merupakan elemen penting dalam pembuatan desain kemasan produk makanan yang sukses. Penentuan warna yang tepat pada kemasan bisa membuat produkmu tampak lebih menarik. Namun perlu kamu ingat, dalam menentukan warna ini kamu harus menyesuaikannya dengan standar brand yang kamu miliki. Kemasan yang selaras dengan identitas brand bisa memperkuat branding yang kamu punya dan pastinya meningkatkan awareness konsumen terhadap brand kamu.

Pastikan juga kalau warna tambahan yang kamu gunakan tetap disesuaikan dengan preferensi target konsumen utama kamu. Gunakan warna yang bisa menarik dan selaras dengan konsumen dan produkmu. Misalnya kalau target konsumen utama kamu adalah anak-anak, kamu bisa menggunakan warna cerah yang memberikan kesan ceria seperti merah, jingga, dan juga kuning pada desain kemasan produk makanan yang kamu jual.

4. Kejelasan informasi pada label kemasan

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, pasti konsumen akan membaca informasi yang kamu sajikan pada desain kemasan produk makanan. Konsumen ingin mengetahui value dan juga informasi dari produkmu. Apabila konsumen tidak bisa menemukan informasi tersebut dengan cepat, maka kemasan kamu bisa dianggap masih kurang efektif. Jadi usahakan untuk menuliskan informasi terkait produk dengan jelas, ya!

5. Analisis target konsumen

Kemasan kamu harus bisa berbicara dengan konsumen. Oleh karenanya, sebelum membuat desain kemasan produk makanan kamu harus melakukan analisis target konsumen terlebih dahulu untuk mengetahui hal-hal apa yang bisa memikat perhatian mereka sehingga kamu bisa membuat kemasan yang efektif dan penjualan kamu pun bisa meningkat.

6. Konsistensi dengan brand

Konsistensi dari tone of voice dan value brand yang kamu kelola adalah hal yang penting untuk membangun branding di mata konsumen. Pembuatan desain kemasan produk makanan kamu harus bisa merepresentasikan identitas brand kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan warna palet yang konsisten, penggunaan copy yang konsisten, serta penggunaan elemen desain seperti logo dan juga tipografi yang selaras dalam setiap material branding. Ada banyak jenis material branding yang bisa kamu gunakan, namun kemasan merupakan salah satu material yang paling banyak berinteraksi dengan konsumen. 

Bagaimana? Sudah mulai terpikir untuk membuat desain kemasan produk makanan seperti apa? Kalau sudah, yuk saatnya cetak desain yang telah kamu buat untuk bisa menghasilkan kemasan yang menarik! Kamu bisa langsung hubungi Supernova Digipack karena kami siap membantu kamu untuk membuat kemasan yang berkualitas tinggi setara kelas industri lho!

Menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa mencetak desain kemasan produk makanan kamu dengan warna yang sangat tajam (HD), kontras, dan pastinya tidak mudah luntur. Jadi konsumen bisa melihat dengan jelas desain dan juga informasi yang tertera pada label kemasan yang kamu buat. Untuk masalah keamanan kamu tidak perlu khawatir, karena mesin printing kami menggunakan tinta solventless yang telah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada produk makanan.

Supernova Digipack pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi kemasan telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Jadi nggak ada alasan lagi untuk nggak mencetak desain kemasan produk makanan kamu di Supernova Digipack, kan? Kami pun menyediakan berbagai jenis bentuk kemasan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kemasan vacuum pack untuk produk frozen food, central seal untuk produk makanan ringan, three block seal untuk produk biskuit serta produk yang dikemas dalam kuantitas kecil, kemasan standing pouch untuk mengemas camilan seperti keripik, serta kemasan gusset untuk produk seperti kopi dan susu bubuk.

Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan kemasan kamu di Supernova Digipack! Untuk Minimum Order Quantity (MOQ) hanya 500 pcs saja lho! Dan pastinya harga yang kami tawarkan sangat bersahabat! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan langsung saja kunjungi website Supernova Digipack ya!


Whatsapp