pilih kemasan
TREND PRODUK MAKANAN SEHAT UNTUK IDE BISNIS 2022
Illustration from: Freepik

Belakangan, kamu juga pasti sadar kalo makanan sehat jadi diminati banyak kalangan, mulai dari yang tua bahkan sampai Gen Z sekalipun. Makanan organik dan makanan tanpa bahan pengawet, mulai banyak banget dilirik sama konsumen, terutama semenjak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia. Mungkin, alasannya adalah biar imunitas tubuh bisa terjaga dengan baik, lewat konsumsi makanan sehat.

Untuk kamu yang tinggal di daerah pedesaan, mungkin makanan organik sangat gampang kamu dapet. Tapi, untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan besar, makanan sehat dan organik jadi makin sulit didapat, karena lahan perkebunan dan sawah udah pasti jarang banget ada di wilayah perkotaan besar. Mencari makanan tanpa bahan pengawet jadi tantangan buat orang yang mau hidup sehat dengan cara makan makanan organik. 

Selain itu, informasi yang makin terbuka juga bikin banyak orang mulai mau hidup sehat, karena ancaman penyakit yang banyak disebabkan makanan “tidak sehat”. Karena banyaknya permintaan makanan sehat dan makanan organik, banyak pemilik bisnis yang memodifikasi produknya, atau bahkan menjual varian lain yang lebih organik, untuk menarik konsumen memang mencari makanan sehat, atau setidaknya lebih sehat daripada yang biasanya dikonsumsi. 

Ini adalah beberapa tren produk makanan sehat yang bisa kamu jadiin ide bisnis, buat kamu yang baru mau mulai bisnis di 2022:

  1. Oat dan variannya
    Produk oat bukanlah produk yang baru. Tapi, belakangan varian makanan yang berbahan dasar oat kembali jadi pilihan untuk mereka yang mencari makanan sehat. Sebagai contoh, kamu sekarang akan lebih mudah untuk dapat produk oat dan turunannya, seperti granola, oat bar/ granola bar, rolled oat, dan susu oat, dibanding 2-3 tahun sebelumnya. Kue berbahan oat juga sudah banyak terbukti sukses menarik minat konsumen yang sedang melakukan diet, tapi tetap ingin memakan cookies sebagai cemilan.

  2. Makanan yang dipanggang
    Sejak lama, makanan yang digoreng selalu dianggap tidak sehat, dan cenderung dihindari oleh orang yang sedang diet, atau sedang menjalankan pola makan sehat. Oleh karena itu, kamu bisa coba memproduksi makanan yang umumnya digoreng, diganti dengan metode memasak dipanggang. Seperti contohnya, banyak brand yang mengambil varian produk keripik, tapi diproses dengan cara dipanggang. Keripik yang identik dengan makanan berminyak, bisa diubah dengan cara memasak berbeda, tanpa mengurangi experience ketika mengkonsumsi keripik tersebut. 

  3. Jamu Modern
    Jamu adalah minuman tradisional yang sudah turun temurun ada dari ratusan tahun lalu. Jamu yang dulu identik dengan minuman orang tua, sekarang banyak diminati juga oleh anak muda, lewat produk-produk modifikasi jamu, yang dikemas secara modern. Jamu yang memang banyak mengandung rempah bermanfaat untuk tubuh, ternyata bisa diterima oleh generasi yang lebih muda, karena ada pencampuran rasa-rasa buah yang bisa mengimbangi rasa pahit dari jamu tersebut. 

Terlepas dari produk-produk di atas, sebetulnya banyak juga produk makanan sehat yang bisa kamu jadikan sebagai ide bisnismu. Tapi, list di atas merupakan ide yang bisa kamu terapkan tanpa perlu modal yang cukup banyak. 

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjual makanan organik adalah kemasan yang kamu gunakan harus betul-betul aman. Makanan sehat dan makanan organik yang dibuat tanpa bahan pengawet, tentu aja butuh kemasan yang bisa menjaga produk agar tidak cepat rusak/ busuk. Resiko dari produk organik adalah ketahanannya yang cenderung singkat. Jadi, pastikan kemasan yang kamu gunakan adalah kemasan yang betul-betul bisa menjaga produk agar tidak rusak dalam waktu yang terlalu singkat, sehingga bisa kamu distribusikan dengan aman ke berbagai wilayah di Indonesia. 




Whatsapp