pilih kemasan
USAHA KERIPIK SINGKONG, MINIM MODAL BANYAK UNTUNG!

Pastikan kamu sudah tidak asing lagi sama camilan yang terbuat dari singkong ini kan? Keripik singkong merupakan salah satu olahan makanan dari singkong yang memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih. Karena rasanya yang gurih itu lah, maka banyak orang yang menjadikan keripik singkong sebagai camilan sehari-hari mereka, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Keripik singkong ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan hingga saat ini masih populer dan selalu jadi camilan favorit masyarakat, dari waktu ke waktu, keripik singkong di pasaran semakin dicari orang. Hal ini menjadikan usaha keripik singkong menjadi sangat menjanjikan, dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa mendapatkan untung yang berlipat-lipat.

Untuk terjun ke dalam usaha keripik singkong tidak harus memiliki keahlian yang khusus, kamu hanya perlu memikirkan cara yang tepat supaya usaha keripik singkong kamu berjalan dengan baik, bisa berkembang, dan bertahan lama. Selain itu, usaha keripik singkong juga memiliki banyak sekali kelebihan, yaitu:

  1. Keripik singkong merupakan prospek usaha yang masih terbuka lebar
  2. Cara pemasarannya mudah
  3. Bisa dijalankan dengan modal yang kecil
  4. Cocok untuk pebisnis makanan pemula
  5. Pengolahannya tidak sulit
  6. Bisa dijalankan dengan peralatan dapur seadanya (peralatan dapur rumahan)
  7. Bahan baku yang mudah didapat dengan kualitas yang baik
  8. Varian rasa yang cukup beragam

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 10 cara untuk memulai usaha keripik singkong yang menjanjikan:

1. Menentukan konsep bisnis

Ada berbagai cara dalam membuka usaha keripik singkong, yaitu usaha keripik singkong rumahan, satu sara, atau bahkan aneka rasa. Kamu bisa bebas pilih sesuai dengan selera dan keinginan kamu, tapi yang pasti ketika kamu baru mau merintis usaha keripik singkong, kamu mulai dari skala yang kecil terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu dan semakin besar modal dan jaringan yang kamu miliki, maka usaha keripik singkong kamu bisa dikembangkan lebih lanjut. Contohnya dengan open reseller atau dropship.

2. Mempersiapkan modal usaha 

Meskipun modal yang dibutuhkan oleh usaha keripik singkong ini tidak besar, tetap saja dana usaha itu harus dipersiapkan karena bagaimana usahamu akan berjalan kalau tidak ada dana yang bisa digunakan? Selain itu, dana modal usaha harus dipisahkan dari uang pribadi. Karena jika disatukan, kamu akan kebingungan ketika membutuhkan dana kedepannya. Jangan lupa juga kamu harus menyiapkan dana darurat jika suatu saat bisnismu mengalami kerugian atau musibah lainnya.

3. Rasa yang lezat 

Syarat utama supaya usaha keripik singkong bisa laris manis adalah rasa makanan yang lezat dan nikmat. Karena kalau kamu membuka bisnis pada sektor makanan, pastinya kamu harus memiliki kualitas produk yang baik. Selain enak, kamu juga harus punya ciri khas tersendiri pada produk keripik singkong kamu supaya orang-orang ingin membeli produk jualanmu lagi dan lagi dan hal tersebut jadi daya tarik untuk bisnis kamu. Kalau bisa, kamu juga harus menyiapkan resep andalan yang bisa menjadi ciri khas keripik singkong jualanmu. Tentunya, kamu juga harus bisa mempertahankan cita rasa dari produk yang kamu jual.

4. Harga jual

Harga dari usaha keripik singkong yang kamu jual sebaiknya disesuaikan dengan target market yang sudah kamu tentukan. Harga jual juga dipengaruhi oleh kemasan yang kamu gunakan. Kalau kamu menjual produk dengan target menengah ke atas mungkin harga produk yang kamu tawarkan akan lebih mahal, tapi berarti kamu juga harus mengemas keripik singkong yang kamu jual dengan kemasan yang menarik.

5. Pemasaran yang gencar

Untuk masalah pemasaran, sebenarnya kamu tidak perlu ambil pusing karena pemasaran usaha keripik singkong cukup mudah. Sama seperti produk bisnis kuliner lainnya (keripik kentang, keripik ubi, keripik talas, kerupuk, dan yang lainnya), kamu bisa melakukan proses pemasaran dengan berbagai cara, antara lain memasarkan ke warung, kantin sekolah, toko kelontongan, atau kamu bisa memilih menjual produk keripik singkong secara online. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menjajakan produk jualan kamu, kamu cukup melakukan promosi di dunia digital. Kalau kamu memilih untuk memasarkan produk secara online, jangan lupa untuk mencantumkan slogan tertentu yang bisa menyampaikan pesan branding produkmu kepada konsumen. Timbulkan rasa penasaran di benak calon konsumen, sehingga mereka benar-benar penasaran dan akhirnya mencoba produkmu.

6. Kemasan yang menarik 

Peribahasa “Don’t judge a book by its cover” tidak berlaku dalam dunia bisnis kuliner. Justru sebaliknya, konsumen pertama kali akan melihat penampilan atau kemasan sebelum melihat hal-hal lainnya dan memutuskan untuk membeli suatu produk. Riset membuktikan bahwa konsumen cuma butuh waktu 7 detik untuk membeli suatu produk. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun kesan pertama yang baik adalah dengan membuat packaging yang bisa curi perhatian konsumen. Packaging akan membantu konsumen kamu untuk lebih memahami produk yang akan mereka beli dan juga dapat menyampaikan kelebihan produk kamu dibandingkan yang lain. Jadi, kemasan ini punya nilai yang sangat penting. Kemasan usaha keripik singkong yang kamu produkti tidak menarik, maka konsumen tidak akan melirik. Jika dilirik pun tidak, maka sudah pasti konsumen tidak sempat mencicipi rasanya.

7. Pembuatan surat ijin

Pembuatan surat ijin dari BPOM, Dinas Kesehatan dan Sertifikat Halal MUI sangatlah penting untuk usaha keripik singkong. Cara ini ditempuh supaya produk keripik singkong jualanmu sah dimata hukum dan bisa menembus pasar modern, minimarket, supermarket, bahkan hingga diekspor.

8. Promo yang menarik

Kalau kamu sudah melakukan hal-hal di atas, namun penjualan usaha keripik singkong belum maksimal dan laris maka ada yang masih belum kamu kerjakan, yaitu dengan cara melakukan promo yang menyedot perhatian banyak orang. Namun kamu harus benar-benar menghitung dengan tepat supaya kamu tidak mengalami rugi meskipun kamu sedang memberikan promo yang menarik seperti beli 2 dapat 1 atau barang lainnya.

9. Pelayanan yang memuaskan

Keramahan atau pelayanan yang bagus dalam penjualan keripik akan membuat konsumen kamu kembali lagi membeli produk usaha keripik singkong kamu, jadi buatlah konsumenmu percaya bahwa layananmu sangatlah bagus. Terutama di tengah persaingan bisnis keripik atau camilan yang sangat tinggi membuatmu harus memperhatikan kualitas pelayanan supaya bisnismu bisa menang di antara kompetitor dan bertahan lebih lama. 

10. Jangan menyerah

Untuk sukses dalam usaha keripik singkong, kamu mesti menguasai dari mulai produksi sampai pemasaran. Dan semua itu harus dilakukan dengan kerja keras, ulet, sabar, dan pantang menyerah hingga tercapai target produksi dan penjualan serta omzet bersih yang didapatkan.

Seperti yang sudah dibahas di atas mengenai kemasan usaha keripik singkong yang menarik. Kamu bisa menarik perhatian konsumen kamu dengan memesan packaging di Digipack by Supernova. Kamu bisa memesan packaging dengan desain apapun sesuai dengan keinginanmu. Digipack by Supernova menggunakan mesin cetak kualitas tinggi sehingga desain yang kamu mau akan dicetak dengan hasil terbaik, warna yang kontras, dan juga tajam, yang pastinya akan menarik perhatian konsumen. Segera pesan packaging Digipack by Supernova disini!


Whatsapp