CARA MEMULAI BISNIS KULINER KEKINIAN, DIJAMIN LAKU!

CARA MEMULAI BISNIS KULINER KEKINIAN, DIJAMIN LAKU!

Ingin menghasilkan uang lebih sambil tetap di rumah aja selama pandemi ini? Kamu bisa coba bisnis kuliner kekinian! Bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Pasalnya, semua orang butuh makan setiap harinya. Terlebih lagi bisnis makanan ringan, tidak pernah ada matinya. Makanan ringan, terlebih yang sedang tren, banyak dibeli orang karena tidak akan langsung habis dan bisa dijadikan teman nonton televisi atau bahkan dijadikan camilan ketika sedang kumpul bersama keluarga dan sahabat.

Itulah mengapa bisnis kuliner kekinian dalam bentuk makanan ringan sangat menguntungkan. Banyak yang dulunya berawal dari bisnis rumahan, kini sudah sukses jadi pebisnis kaya. Ada banyak ide bisnis kuliner kekinian yang bisa kamu pilih. Namun, kamu tidak boleh melupakan cara atau tips di bawah ini ketika baru akan memulai bisnis kuliner.

1. Perhatikan kualitas bahan

Supaya bisnis kuliner kekinian yang kamu jalani laku di pasaran, kamu harus memperhatikan kualitas produk yang kamu jual. Kualitas produk tergantung dari bagaimana proses pengolahan, bahan yang digunakan, serta cara pengemasannya. Bahan yang digunakan harus bahan yang berkualitas baik serta higienis. Selain itu, pastikan bahan tersebut aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pakai kemasan yang lebih menarik karena hal pertama yang akan diperhatikan konsumen adalah packaging dari suatu produk. Kamu bisa memesan packaging dari Digipack by Supernova. Digipack by Supernova menggunakan mesin cetak HP Indigo 20000 yang bisa mencetak packaging dengan kualitas printing yang terang dan tajam.

2. Selalu melakukan inovasi

Orang yang selalu memenangkan bisnis tentu saja selalu melakukan inovasi. Inovasi sangat penting, terutama di bisnis kuliner kekinian. Dengan adanya inovasi, produk yang kamu jual akan menjadi berbeda dengan produk lainnya dan konsumenmu juga akan dengan mudah melihat ciri khas dari bisnismu.

3. Menciptakan hubungan dengan pelanggan

Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis, termasuk bisnis kuliner kekinian, harus selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggannya sehingga konsumen-konsumenmu akan menjadi loyal dan melakukan pembelian hingga berulang kali kedepannya. Kalau kamu menjual produk secara offline kamu bisa menjaga hubungan baik dengan perbanyak senyum ketika kamu menawarkan produk jualanmu. Untuk kamu yang menjual produk secara online, kamu bisa memanfaatkan media sosial agar tercipta branding dari bisnismu. Ciptakan hubungan yang dekat dengan konsumen sehingga akan terjadi penyebaran informasi dari mulut ke mulut, yang sudah terbukti efektif untuk menjaring konsumen baru.

4. Menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar

Selain menciptakan hubungan baik, strategi yang tepat juga harus diterapkan sehingga perkembangan bisnismu akan semakin maju. Bangun lah strategi penjualan yang lebih tepat dan bisa membaca pasar sehingga peningkatan penjualan bisnis kuliner kekinianmu bisa tercapai. Beberapa strategi kecil yang bisa dilakukan pada bisnis kuliner kekinian dari awal adalah menambah bobot makanan, memberikan diskon, memberikan harga promo, serta memberi sample produk secara gratis untuk yang tertarik membeli produkmu.

5. Harus lebih visioner

Seorang pengusaha bisnis kuliner kekinian harus memiliki pemikiran ke depan. Tak hanya itu, pengusaha juga harus mempunyai pikiran yang positif. Perjalanan bisnis menuntut seseorang untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Pemikiran positif akan membuat kamu lebih tenang. Untuk itu, kamu harus menjauhi pemikiran yang sempit dan negatif.

6. Lihat peluang

Pada saat ingin memulai bisnis kuliner kekinian, kamu harus melihat peluang jenis produk apa yang disukai banyak orang. Kemudian kompetitor yang menjual produk yang sama dengan produk yang akan kamu buat. Tentu saja kalau kompetitornya tidak ada makan bisnis kuliner kekinianmu akan semakin laku.

7. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan rinci

Darimana kamu bisa tahu untung atau rugi kalau kamu tidak melakukan pencatatan dana yang rinci pada setiap pengeluaran dan pemasukan bisnismu. Kamu bisa menggunakan pembukuan manual kalau kamu baru memulai bisnis kuliner kekinian. Namun, kalau kamu sudah memiliki skala usaha menengah ke atas, penggunaan software adalah solusi untuk optimalisasi pembukuan secara menyeluruh. Hal ini penting karena semakin besar sebuah bisnis maka kamu akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk merencanakan bisnis yang lebih terarah. Daripada membuang waktu dengan pembukuan manual yang memakan waktu, kamu bisa mencoba menggunakan software.

Referensi ide bisnis kuliner kekinian yang paling menguntungkan

Saat ini, ada banyak macam makanan ringan yang dijual dan dapat dijadikan ide bisnis kuliner kekinian. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Penjualnya pun ada di berbagai tempat mulai dari pinggiran jalan hingga pasar, taman, restoran, supermarket, dan bahkan online.

Bisnis kuliner kekinian juga dapat dilakukan dengan modal yang fleksibel. Bahkan dengan modal ratusan ribu saja kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Berikut ini adalah beberapa referensi ide bisnis kuliner kekinian yang paling menguntungkan:

1. Bakpau buah


Bisnis makanan ringan memang selalu menuntut hal-hal baru. Meskipun bakpau adalah salah satu makanan tradisional, tapi dengan sedikit perubahan bentuk akan membuatnya menjadi ide bisnis kuliner kekinian yang unik. Makanan asli China yang satu ini bisa dibentuk seperti buah beraneka warna. Untuk isinya bisa disesuaikan dengan selera konsumenmu.

2. Brownies beku stick


Brownies adalah jajanan yang sudah sangat lumrah ditemukan, tapi brownies dengan suhu rendah seperti es krim tentu akan menarik perhatian bukan? Makanan dengan tekstur lembut ini akan menjadi unik dengan tambahan stik es krim di ujungnya. Setelah itu, kamu bisa memasukkannya ke dalam freezer. Hasilnya, sebuah kue yang dingin, padat, serta kenyal ketika digigit. Makanan ini populer dengan sebutan frozen brownies. Sebelum dibekukan, kamu bisa menambahkan berbagai topping seperti almond, keju, atau kacang di atasnya. Makanan ini akan cocok untuk jadi menu bisnis kuliner kekinian kalau belum ada yang menjual frozen brownies di daerahmu.

3. Bombolone


Bombolone merupakan ide bisnis kuliner kekinian selanjutnya yang bisa kamu coba. Bombolone merupakan donat Italia tanpa lubang yang biasanya diisi dengan selai di dalamnya. Nama bomboloni berasal dari kata “bomb” yang menggambarkan bentuknya yang bulat seperti bom tangan yang siap meledak. Menggambarkan isiannya yang siap meledak di mulut.

4. Sweet potato bread


Roti dengan gaya Korea yang satu ini memiliki rasa yang legit dan empuk. Bentuknya memang mirip seperti ubi ungu, namun sebenarnya adonan luarnya dibuat dengan campuran tepung tapioka, tepung ketan, serta taro bubuk. Lalu isiannya dicampurkan dengan ubi manis, mentega, madu, dan susu. Sangat cocok untuk ide bisnis kuliner kekinian.

5. Loukumades


Loukumades bisa jadi ide bisnis kuliner kekinian selanjutnya yang kamu coba. Loukumades adalah donat yang dibuat dari adonan tepung yang kemudian digoreng kering. Penyajian adonan ini diberi campuran sirup gula yang permukaannya sedikit lengket. Donat khas Yunani ini dibuat dengan campuran tepung terigu, ragi, air hangat, dan garam. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Seperti yang sudah disebutkan, selain menu, kamu harus memikirkan cara memulai sampai hal detail seperti packaging di bisnis kuliner kekinian yang akan kamu jalani. Kamu bisa memesan packaging di Digipack by Supernova karena Digipack by Supernova akan mencetak kemasan produk jualanmu menggunakan mesin terkini HP Indigo 20000. Warna yang dihasilkan akan tajam dan juga terang. Belum lagi, semua packaging Digipack by Supernova sudah berstandar nasional SNI.

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ