INI CARA MEMULAI USAHA KULINER DENGAN MODAL KECIL

INI CARA MEMULAI USAHA KULINER DENGAN MODAL KECIL

Sebelum memulai suatu usaha, ada satu pertanyaan yang harus kamu ajukan kepada diri sendiri. Apakah kamu cuma ingin membangun bisnis yang memanfaatkan tren sejenak, atau ingin membangun sebuah bisnis yang mampu bertahan dalam segala tren. Kalau kamu ingin mendirikan bisnis yang mampu bertahan lama, mungkin bisnis kuliner bisa menjadi pilihan kamu.

Seperti yang sudah kamu ketahui, usaha kuliner merupakan salah satu bentuk usaha yang terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kuliner kini bukan hanya menjadi kebutuhan pokok, melainkan menjadi bagian penting dalam gaya hidup. Masyarakat banyak berburu kuliner untuk dicicipi, dibuatkan review-nya, juga dibagikan ke media sosial foto atau videonya. Ditambah lagi dengan modal yang sedikit, kamu bisa mengambil keuntungan hingga 100% kalau menjalani bisnis kuliner. Perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Keuntungan menggiurkan tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong untuk berbisnis kuliner. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner.

Namun, bukan berarti pebisnis kuliner pemula tak bisa bersaing dengan yang lainnya. Selama kamu punya tekad kuat sekaligus strategi bisnis yang matang, maka tak menutup kemungkinan bisnis kuliner kamu bisa lebih sukses dibandingkan mereka yang sudah lama bergelut di bidang ini. Supaya bisnis kuliner kamu berjalan dengan lancar, ikuti cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil berikut!

1. Buat perencanaan anggaran

Cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil yang pertama adalah membuat perencanaan anggaran. Perencanaan anggaran merupakan salah satu bagian terpenting dari rencana usaha. Anggaran usaha akan mencakup semua biaya yang harus kamu tanggung untuk memulai operasi bisnis. Termasuk biaya yang kamu perlukan untuk menjalankan bisnis setelah berjalan dan pandangan jangka pandang tentang bagaimana bisnismu akan berjalan. Beberapa contoh biaya yang akan dikeluarkan untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil adalah:

- Bahan untuk membuat menu kuliner

- Biaya karyawan dan tim manajemen (opsional)

- Peralatan yang digunakan

- Investasi awal dalam produk makanan

- Sewa tempat jika dibutuhkan

Kamu harus menentukan modal awal juga. Kalau kamu hanya memiliki modal awal kurang lebih 5 juta rupiah, kamu bisa melakukan beberapa usaha untuk menutupi kekurangan modal. Kamu bisa menutupi modal awal yang kurang dengan mengajak atau mencari rekan kerja untuk diajak bekerja sama. Atau kamu juga bisa melakukan pinjaman ke koperasi atau bank melalui penyalur Kredit Usaha Rakyat atau KUR bagi pelaku UKM.

Selain itu, besar kecilnya modal yang kamu miliki ini tergantung dari bagaimana usaha kuliner yang akan kamu jalani nantinya. Kalau kamu sedang bekerja atau sudah memiliki bisnis sebelumnya, kamu bisa menyisihkan separuh gaji atau keuntungan untuk menjadikannya sebagai modal tambahan. Namun apabila kamu akan meminjam dana dari suatu lembaga keuangan, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan. Hal ini harus dilakukan agar lembaga keuangan yang kamu pinjami tersebut bisa mengetahui bagaimana perkembangan usaha yang kamu jalankan.

2. Survei dan tentukan target pasar

Survei dan menentukan target pasar adalah cara memulai usaha kuliner yang kedua. Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Kamu bisa tahu bagaimana harga, persaingan yang ada di pasar, potensi, serta perkiraan daya beli masyarakat terhadap bisnis yang akan kamu jalani.

Tentukan siapa yang akan membeli produkmu. Kamu bisa memilih target pasar baik kelas menengah ke atas atau kelas menengah ke bawah, orang tua dan anak-anaknya atau remaja. Dengan menentukan siapa target pasar produkmu, Kamu akan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Amati pesaing

Cara memulai usaha kuliner yang selanjutnya adalah mengamati pesaing. Dengan mengamati pesaing yang ada, kamu bisa mengungguli pesaing bisnis dengan cara yang mudah. Perhatikan pelayanan seperti apa yang diberikan oleh pesaingmu. Perhatikan pula apa yang unik dari produk, harga, dan juga cara mereka melakukan promosi. Tuliskan apapun yang menurut kamu bisa ditingkatkan dan diterapkan pada usaha yang akan kamu jalankan. Dengan cara ini kamu bisa menjadi lebih baik dari bisnis pesaing dalam banyak hal.

Misal, kamu melihat pesaingmu pakai packaging tempelan untuk memasarkan produknya, kamu bisa menjadikan bisnismu lebih baik dengan menggunakan packaging dari Digipack by Supernova. Kualitas cetak packaging Digipack by Supernova sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih lagi di Digipack by Supernova minimum order packaging-nya adalah 500 pcs. Jadi, kamu tidak akan rugi karena mencetak terlalu banyak packaging.

4. Pilih jenis kuliner

Memilih jenis kuliner yang akan kamu tekuni adalah cara memulai usaha kuliner yang keempat. Ada banyak jenis kuliner dengan banyak peminat. Kamu bisa mencoba salah satu yang menurutmu bisa diandalkan. Pikirkan baik-baik tentang menu dan jenis makanan yang ingin kamu tawarkan. Kamu juga harus memiliki menu andalan yang ingin kamu pasarkan. Lakukanlah survei mengenai menu yang beredar di pasaran, lalu pilihkan menu yang belum banyak mereka jual guna mengurangi tingkat persaingan. Namun tetap menu yang kamu pilih harus disesuaikan dengan target pasar yang kamu pilih.

Kalau kamu memilih untuk menjual snack seperti keripik, makaroni, dan lainnya; kamu harus membuat bisnismu terlihat berbeda dengan menggunakan packaging dari Digipack by Supernova. Kamu bisa lihat pilihan packaging yang ditawarkan oleh Digipack by Supernova disini.

5. Pemasok bahan baku

Cara memulai usaha kuliner yang selanjutnya adalah memiliki pemasok tetap untuk usahamu. Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi. Selain bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah, kamu juga bisa menjadi orang kepercayaan kalau kamu dalam keadaan sulit atau terjepit modal. Selain itu, kamu juga bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang kamu butuhkan sedang langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

6. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis

Salah satu cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil yang paling penting adalah memisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis. Apapun jenis bisnis yang kamu jalani, penting untuk memisahkan keuangan pribadi dari keuangan bisnis. Saat memulai bisnis kuliner dengan modal kecil, mulailah membuat rekening bank kedua untuk bisnis. Hal ini akan membuat proses menghitung pajak dan pengeluaran bisnis jauh lebih mudah.

7. Perizinan usaha

Cara memulai usaha kuliner yang terakhir adalah perizinan usaha. Demi keamanan dan kenyamanan usaha, pastikan kamu mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat. Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi usaha yang kamu jalani, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usahamu ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kalau kamu sudah melakukan semua cara memulai usaha kuliner di atas, sudah waktunya kamu meningkatkan kualitas packaging yang kamu gunakan untuk bisnismu dengan packaging dari Digipack by Supernova. Digipack by Supernova bisa membuat berbagai macam jenis packaging untuk usaha kulinermu hanya dalam waktu 15 hari saja. Segera kunjungi halaman ini untuk memesan packaging untuk usaha kulinermu.

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ