MAU CETAK PLASTIK KEMASAN? WAJIB INGAT 3 HAL PENTING INI!

MAU CETAK PLASTIK KEMASAN? WAJIB INGAT 3 HAL PENTING INI!

Cetak plastik kemasan merupakan salah proses penting khususnya dalam bisnis produk kamu. Hal ini dikarenakan kemasan yang nantinya akan kamu cetak akan menjadi pembeda dan membuat produk kamu lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Sehingga sebelum kamu akan benar-benar mencetak plastik kemasan, perlu kamu perhatikan dari berbagai sisi agar pencetakannya tidak gagal. Apa saja sih yang perlu kamu perhatikan saat akan mencetak plastik kemasan? Berikut ini ada 3 penjelasan penting yang perlu kamu simak.

1. Desain kemasan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan cetak plastik kemasan adalah memastikan kamu membuat desain kemasan. Dalam membuat desain kemasan, pastikan kamu membuatnya dengan visual yang menarik. Tidak dapat dipungkiri bahwa keputusan konsumen dalam membeli sesuatu bisa dipengaruhi oleh seberapa menariknya tampilan dari kemasan suatu produk. Tampilan kemasan yang menarik ini juga bukan hanya sebagai elemen visual saja, tetapi juga untuk kepentingan marketing. Kemasan yang semakin menarik membantu menonjolkan produk kamu diantara produk lainnya.

Selanjutnya, pastikan dalam desain cetak plastik kemasan yang kamu buat memiliki semua informasi yang dibutuhkan tentang produk kamu. Informasi ini perlu kamu tampilkan pada desain, agar konsumen kamu juga tidak kebingungan dengan produk yang ada dalam kemasan tersebut. Jika informasinya tidak lengkap, konsumen pun akan ragu untuk membeli produk kamu. Detail-detail informasi yang perlu ada dalam kemasan mencakup kode izin produksi, logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), keterangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan tanggal kadaluarsa. Selain itu, jika produk bisnis kamu berupa makanan maka bisa kamu tambahkan informasi mengenai kandungan gizi dan bahan-bahannya.

Tidak cukup sampai disitu saja, setelah menentukan desain cetak plastik kemasan produk kamu, alangkah baiknya buatlah mock-up desain yang telah kamu buat. Hal ini bertujuan agar desain yang sudah ada dapat dibuatkan contohnya. Dengan dibuat mockup, kemasan yang akan kamu cetak bisa dilihat dulu kekurangannya apa saja. Jadi setelah semua kekurangan dalam desain sudah terpenuhi, maka desain yang kamu buat bisa langsung dicetak. Oleh karena itu, pastikan kamu merencanakan tahap ini dengan matang agar desain yang sudah kamu buat tidak berubah-ubah karena desainnya tidak sesuai dengan bentuk kemasan yang akan kamu pilih nantinya ya!

2. Konsultasi kebutuhan kemasan 

Sebagai pelaku bisnis, tidak ada salahnya melakukan pengecekan kembali sebelum ke tahap terakhir yaitu pencetakan. Disini, kamu bisa mengecek kembali kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam melakukan cetak plastik kemasan kepada jasa pencetakan yang kamu pilih. Kebutuhan-kebutuhan kemasan yang perlu kamu konsultasikan bisa mencakup mengenai budget atau harga yang diperlukan dalam mencetak kemasan, bahan dan bentuk kemasan, lama pengerjaan, hingga layanan lain yang bisa kamu dapatkan di jasa pencetakan.

Untuk konsultasi harga, kamu perlu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kuantitas kemasannya. Dalam melakukan cetak plastik kemasan, tentunya kamu ingin mendapatkan hasil cetakan yang memuaskan dengan harga yang sesuai budget. Selanjutnya, kamu mulai mengkonsultasikan bahan dan bentuk kemasan yang sesuai untuk produk kamu. Jika kamu sudah menentukan akan menggunakan bahan kemasan berbahan plastik untuk dilakukan cetak plastik kemasan secara digital, kamu tinggal memilih bentuk kemasan mulai dari jenis central seal, gusset, standing pouch, three block seal, dan vacuum pack. Hal-hal teknis seperti ukuran file desain, format warna, hingga format file desain perlu kamu pastikan agar tidak terjadi kekeliruan yang menyebabkan hasil cetak plastik kemasan kamu menjadi gagal atau tidak sesuai yang kamu harapkan. Jadi setelah kamu mengkonsultasikan semuanya dan memastikan semua hal teknis maupun pendukung lainnya, kamu bisa lanjut ke tahap pencetakan.

3. Proses pencetakan 

Setelah semua kebutuhan-kebutuhan cetak plastik kemasan sudah aman, selanjutnya hal penting yang perlu kamu ingat adalah pada saat proses pencetakan. Dalam melakukan cetak plastik kemasan produk, mungkin kamu bisa menyerahkan prosesnya sepenuhnya kepada jasa pencetakan yang kamu pilih dan tinggal menunggu hasil jadi. Namun, tidak ada salahnya kan kamu memahami mesin pencetakan dan tinta digital yang digunakan oleh jasa pencetakan? Dengan memahami hal tersebut, kamu bisa lebih memilah dan selektif terhadap jasa pencetakan yang akan kamu pilih, agar hasil cetakannya pun sesuai dengan yang kamu harapkan dengan kualitas yang bagus.

Dalam cetak plastik kemasan, tentu disini menggunakan teknik digital printing sebagai teknik yang mampu memberikan kualitas baik dan menunjang. Selain itu jika kebutuhan pencetakannya membutuhkan warna yang beragam, tentu saja tidak semua pencetakan punya kapabilitas tertentu. Sehingga hal ini memang menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan cetak plastik kemasan. Selama ini mesin cetak plastik kemasan yang digunakan adalah rotogravure. Namun, mesin ini tidak cocok untuk kebutuhan produksi kemasan bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Hal itu disebabkan kuantitas minimal yang dicetak rotogravure terbilang sangat banyak. Mesin lain yang bisa lebih mengimbangi kekurangan dari rotogravure, kamu perlu melirik pencetakan dengan mesin HP Indigo 20000. Kelebihan dari mesin HP Indigo 20000 ini sangat cocok untuk pencetakan kemasan fleksibel dengan kuantitas minimal yang tidak tinggi sehingga sangat ramah untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Selain itu, pencetakan kemasan dengan mesin HP Indigo 20000 ini tetap aman untuk kemasan makanan utama.

Selanjutnya pada saat melakukan cetak plastik kemasan, tentunya tinta cetak digital diperlukan dalam mencetak kemasan. Tinta menjadi hal penting yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari proses pencetakan ini dikarenakan tinta cetak digital bisa mempengaruhi warna kemasan. Tidak mungkin kan kemasan produk kamu hanya memiliki satu warna saja? Tampilan kemasan kamu memang akan lebih menarik dengan berbagai warna yang bisa dihasilkan dari tinta cetak digital.

Itulah penjelasan 3 hal penting yang perlu kamu ingat saat akan melakukan cetak plastik kemasan. Mulai dari desain kemasan yang telah kamu buat atau tentukan, kamu bisa mengkonsultasikan kebutuhan kemasan kamu dengan Supernova Digipack untuk berbagai kebutuhan kemasan. Di Supernova Digipack kamu bisa memilih berbagai jenis kemasan mulai dari central seal, gusset, standing pouch, three block seal, dan vacuum pack yang disesuaikan dengan jenis produk bisnis makanan kamu. Selain itu, Supernova Digipack menggunakan mesin HP Indigo 20000 dengan berbagai kelebihan baik dari kuantitas pencetakan yang memudahkan semua pelaku usaha agar bisa memiliki kemasan dan hanya dalam waktu pencetakan yang sangat cepat. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas hasil cetak plastik kemasan Supernova Digipack serta tetap aman untuk produk makanan utama kamu.

Jangan tunda-tunda lagi rencana kamu untuk punya kemasan unik dan tetap aman untuk bisnismu dengan pencetakan kemasan dari Supernova Digipack ya! Untuk pertanyaan lebih lanjut dan informasi yang lebih lengkap tentang cetak plastik kemasan, kamu bisa menghubungi Whatsapp atau mengunjungi website Supernova Digipack.

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ