PASTI LAKU! 5 RESEP CEMILAN KEKINIAN UNTUK USAHA

PASTI LAKU! 5 RESEP CEMILAN KEKINIAN UNTUK USAHA

Dari tahun ke tahun, bisnis makanan terus berkembang. Mulai dari catering, frozen food, hingga makanan ringan; inovasi demi inovasi terus dilakukan pebisnis agar produk yang mereka jual tidak ketinggalan jaman. Di tengah persaingan pasar yang ketat, mencari ide bisnis makanan yang fresh memang tidak semudah yang dipikirkan. Soalnya, trend yang muncul juga cepat sekali berubah sehingga sebagai pebisnis kamu harus bisa memikirkan ide bisnis yang kekinian. Ada satu jenis makanan yang tidak pernah sepi penggemar yaitu cemilan. Di artikel ini, kami akan berikan 5 ide resep cemilan kekinian untuk usaha yang pasti laku!

Di masa pandemi seperti sekarang, makanan ringan seperti cemilan sedang tinggi peminatnya. Karena banyak kegiatan yang harus dilakukan di dalam rumah, tidak ada salahnya kan jika selalu sedia stok cemilan? Fakta ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan loh. Ada banyak jenis cemilan kekinian untuk usaha yang bisa kamu explore. Mungkin saja, salah satu dari 5 jenis cemilan di bawah bisa menjadi kunci suksesnya usahamu nanti.

Keripik Singkong


Cemilan yang satu ini tidak usah diragukan lagi. Keripik singkong sudah melegenda di Indonesia sebagai makanan ringan favorit berbagai jenis kalangan. Dari tua ke muda, lelaki atau perempuan, keripik singkong tidak akan pernah sepi penggemar. Walaupun bukan termasuk “produk baru”, rasa keripik singkong yang ikonik tetap disukai oleh banyak orang. Karena itu, produk ini pasti selalu masuk ke daftar nomor satu ide cemilan kekinian untuk usaha makanan ringan.

Soal rasa, keripik singkong punya ciri khas sendiri. Rasanya yang asin dan gurih pasti akan membuat lidah tergiur sejak kemasan dibuka. Keripik singkong paling enak dimakan saat teksturnya masih renyah. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa memastikan kualitas cemilan kekinian untuk usaha selalu prima agar rasa yang menjadi ciri khas ini tetap terjaga ya. Selain produk yang kekinian, kualitas produk juga tidak boleh dilupakan!

Resep Keripik Singkong

Bahan-bahan:

  • 2 kg singkong (bersihkan kulitnya, kupas, kemudian iris tipis)
  • Bahan rendaman: 1 sdt baking soda, 1 liter air panas, 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Cuci bersih singkong yang telah diiris tipis sampai bersih.
  2. Siapkan bahan rendaman. Air panasnya bukan yang baru mendidih ya. Tambahkan garam dan baking soda, aduk rata.
  3. Masukkan singkong ke bahan rendaman. Rendam kurang lebih 45 menit - 1 jam.
  4. Tiriskan singkong, kemudian bilas lagi dengan air bersih. Tiriskan lagi.
  5. Panaskan minyak secukupnya (singkong harus terendam). Goreng singkong sampai kekuningan, sesekali diaduk supaya matangnya merata.
  6. Setelah matang langsung taburi bumbu sesuai selera.
  7. Sajikan.

Basreng (Bakso Goreng)


Bakso Goreng adalah jenis cemilan kekinian untuk usaha yang terkenal dari Jawa Barat. Baso yang digunakan biasanya terbuat dari daging ikan dan digoreng sangat kering sampai jadi keripik. Varian rasa basreng sangat beragam. Tetapi, varian yang terkenal adalah yang diberi bumbu asin-pedas. Cemilan yang satu ini cocok sekali untuk kamu pasarkan ke kalangan muda yang memang suka dengan cemilan gurih. 

Tantangan dalam mengolah cemilan kekinian untuk usaha yang satu ini adalah bahan makanan itu sendiri. Jika kamu menjual basreng pedas yang mengandung minyak cabai, ada kemungkinan kalau minyak itu akan meluber ke luar kemasan. Hal ini harus kamu perhatikan agar kualitas produk tetap terjaga! Jangan sampai customer merasa dirugikan karena produknya belepotan.

Resep Basreng 

Bahan-bahan:

  • 500 gram bakso siap pakai
  • 20 gram abon cabai
  • Minyak goreng secukupnya 

Cara membuat:

  1. Iris tipis bakso, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu goreng bakso dengan api sedang sampai garing dan renyah. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya.
  3. Masukkan bakso goreng dan abon cabai ke dalam toples bertutup rapat. Kocok sampai bumbu tercampur rata, lalu sajikan. 

Makaroni Kering


Hampir sama seperti ide produk cemilan kekinian untuk usaha yang sebelumnya, makaroni kering juga terkenal di Jawa Barat. Keunikan cemilan yang satu ini ada pada varian rasanya. Mulai dari asin, pedas, sampai manis; varian rasa dari makaroni kering tidak akan ada habisnya untuk dikembangkan.

Dengan bahan baku yang mudah dicari dan proses yang mudah, makaroni berpotensi besar sebagai cemilan kekinian untuk usaha. Tantangan menjual produk ini adalah, kamu harus bisa mempertahankan kerenyahan makaroni itu sendiri. Makaroni yang kamu jual harus tetap renyah walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama, agar customer tetap loyal untuk membeli makaroni kering milikmu, bukan produk orang lain. Kalau kamu bisa menjamin ini, customer pasti lebih memilih untuk membeli produkmu dibanding brand kompetitor!

Resep Makaroni Kering 

Bahan-bahan:

Bahan A:

  • 250 gram makaroni
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • ¼ sdt merica bubuk

Bahan B:

  • 2 sdm tepung terigu

Bumbu halus:

  • 2 sdm kaldu bubuk
  • ½ sdt gula
  • 2 lembar daun jeruk nipis kering

Cara membuat:

  1. Semua bahan A dicampur, lalu direbus hingga matang.
  2. Setelah makaroni matang, rendam selama kurang lebih 1.5 jam, hingga makaroni mengembang, lalu tiriskan.
  3. Campur makaroni dengan tepung terigu sampai benar-benar merata.
  4. Setelah itu panaskan minyak goreng. Goreng makaroni dengan api sedang sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Campur kaldu bubuk dan gula. Tambahkan daun jeruk kering yang sudah disobek=sobek. Aduk rata.
  6. Campur makaroni goreng dengan bumbu halus aduk rata.
  7. Makaroni kering siap dinikmati

Keripik Pisang 


Sebelum menjadi cemilan kekinian untuk usaha, keripik pisang sudah dikenal di pasaran sebagai makanan ringan dengan rasa yang enak. Biasanya, keripik pisang yang dijual memiliki dua varian rasa: asin dan manis. Varian asin sendiri sudah terkenal sebagai jajanan pasar favorit banyak orang. Perpaduan rasa manis dari pisang dan asin dari bumbunya yang pas lah yang membuat cemilan ini digemari.

Sama dengan produk lainnya, ada tantangan dalam menjual makanan ringan yang satu ini. Keripik pisang yang kamu jual harus mencapai ekspektasi customer. Karena, sebagai jajanan yang terkenal, tentunya customer akan berharap kalau keripik pisang yang mereka akan memiliki rasa yang manis-asin serta tekstur renyah yang tentunya tidak apem. Maka dari itu, kamu harus pastikan customer menerima produk dalam kondisi prima ya!

Resep Keripik Pisang

Bahan-bahan:

Bahan utama:

  • 1 sdt kapur sirih
  • 1 liter air
  • 1 sisir buah pisang
  • Minyak goreng seucukupnya

Bahan bumbu halus (campur dan haluskan):

  • 1 ½ sdm katumbar
  • 1 sdm garam dapur
  • 2 sm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 5 siung bawang putih
  • MSG secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan kapur sirih ke dalam air.
  2. Iris tipis buah pisang.
  3. Rendam dalam larutan air kapur selama kurang lebih 1 jam,
  4. Angkat pisang-pisang, lalu cuci hingga bersih, kemudian tiriskan.
  5. Siapkan wadah besar, lalu masukkan irisan pisang dan bumbu halus.
  6. Aduk-aduk sampai merata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, supaya bumbu meresap.
  7. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Goreng pisang hingga matang dan kering.
  8. Angkat, lalu tiriskan. 

Brownies Kering 


Kini brownies kering pun bisa jadi ide cemilan kekinian untuk usaha loh. Kalau sebelumnya cemilan yang dibahas adalah makanan yang didominasi dengan rasa asin, cemilan yang satu ini punya rasa yang manis. Kamu tidak perlu khawatir, sama dengan produk-produk sebelumnya, penikmat brownies datang dari berbagai kalangan kok! Produk yang kamu jual bisa saja dikhususkan untuk brownies kering rasa coklat pada umumnya. Tetapi, jika kamu ingin mengembangkan varian rasanya, kamu bisa mencoba rasa red velvet yang juga sedang kekinian.

Dengan variasi rasa yang banyak, brownies kering yang kamu jual pasti memikat banyak peminat! Kamu bisa menjual produk ini dengan berbagai macam ukuran, sehingga calon customer bisa membeli sesuai kebutuhan mereka. Agar brownies kering yang kamu jual tampak menonjol dari brand kompetitor, percantik juga dengan kemasan yang menarik!

Resep Brownies Kering

Bahan-bahan:

  • 150 gram butter
  • 200 gram cokelat (leleh)
  • 220 gram gula tepung
  • 1 sdm vanila
  • 50 gram cocoa powder
  • 2 butir telur
  • 1 sdm kopi
  • 225 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur mentega dan gula sampai rata.
  2. Masukkan telur, vanila, cocoa powder,, kopi, dan cokelat leleh.
  3. Masukkan garam dan tepung.
  4. Tuang ke loyang yang sudah dilapisi baking sheet, ratakan.
  5. Panggang dengan suhu 175 derajat celcius selama 40 menit.

Nah, itu dia 5 resep atau ide cemilan kekinian untuk usaha makanan kamu. Bisa kamu lihat, masing-masing produk memiliki kelebihan dan tantangannya masing-masing. Jika diperhatikan lagi, tantangan terbesar adalah dalam menjaga kualitas produk agar tetap prima dan tetap menonjol dari brand lainnya. Jawaban untuk mengatasi tantangan ini adalah: pilih kemasan produk yang tepat!

Untuk kelima produk cemilan kekinian untuk usaha di atas, kemasan paling tepat untuk digunakan adalah: Standing Pouch dari Supernova Digipack! Kemasan jenis ini tahan terhadap air, kedap udara dan mencegah kelembaban; sehingga bisa menjaga kualitas produk dan membuat produk yang akan kamu jual tahan lebih lama. Dengan menggunakan kemasan Standing Pouch dari Supernova Digipack, kami bisa menjamin kualitas produk kamu tetap prima dari proses pengemasan hingga sampai ke tangan customer.

Tidak hanya dari segi keamanan, kemasan Standing Pouch dari Supernova Digipack juga bisa mempercantik produk yang kamu jual. Kamu bisa custom design yang menarik agar bisa menambah nilai jual produk. Selain itu, kemasan yang cantik juga bisa menjadi identitas brand kamu. Sehingga, jika disandingkan dengan brand kompetitor, brand kamu bisa lebih menonjol. Apalagi, produk yang kamu jual adalah cemilan kekinian yang mana ditargetkan untuk anak muda. Jadi, kemasan produk memegang faktor yang besar.

Selain kemasan Standing Pouch, Supernova Digipack juga punya banyak koleksi kemasan lain yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan produkmu. Kamu dengan mencari informasi selengkapnya disini. Pastikan untuk selalu percayakan urusan kemasan pada Digipack by Supernova!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ