PENTINGNYA MEMPERHATIKAN JENIS DAN DESAIN KEMASAN MAKANAN RINGAN

PENTINGNYA MEMPERHATIKAN JENIS DAN DESAIN KEMASAN MAKANAN RINGAN

Bisnis makanan ringan memang sangat merajalela akhir-akhir ini. Mungkin hal ini disebabkan karena era pandemi Covid-19 yang mengharuskan kebanyakan orang yang bergerak di industri kuliner mencari uang tambahan, atau mungkin juga ada sebagian orang yang dirumahkan hingga akhirnya mereka memilih berbisnis makanan ringan. Bagi kamu yang sedang menjalani bisnis makanan ringan, perhatikan juga kemasan makanan ringan yang kamu jual agar terlihat lebih menarik untuk dibeli.

Kemasan makanan ringan sendiri merupakan pembungkus yang digunakan untuk melindungi makanan dari paparan sinar matahari, suhu, dan udara. Tujuan dari pengemasan makanan tidak lain supaya makanan yang ada di dalamnya lebih tahan lama. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, pembungkus makanan bukan hanya sekedar untuk membungkus makanan saja, namun digunakan juga sebagai penunjang keberhasilan suatu bisnis, salah satunya bisnis makanan ringan. Saat ini kemasan juga digunakan sebagai salah satu daya tarik para pembeli.

Siapa sih yang tidak suka jajan? Sepertinya hampir semua masyarakat Indonesia menyukai jajanan atau camilan unik yang kekinian. Jadi buat kamu yang suka menikmati camilan, tidak ada salahnya juga kalau kamu mencoba untuk membuka bisnis makanan ringan. Ketika menjalani bisnis makanan ringan, kunci suksesnya adalah pengolahan, pelayanan yang diberikan ke pelanggan, dan tentu saja kemasan makanan ringan itu sendiri yang bisa lebih menarik pembeli. Makanan ringan menjadi kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan sehingga bisnis ini selalu mampu menarik minat banyak orang.

Makanan ringan juga selalu mengikuti perkembangan zaman dan kemauan konsumennya. Selain itu, banyak juga kemasan makanan ringan yang unik. Dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat, akhirnya dunia kuliner berkembang sangat pesat dan menciptakan jenis serta varian rasa yang baru. Makanan ringan sangat diminati banyak orang karena porsinya yang tidak terlalu banyak dan lebih mudah dikonsumsi ketimbang makanan berat.

Lihat saja di mall atau pedagang kaki lima yang banyak menjajakan jajanan dengan beraneka warna, nama, dan bentuk. Biasanya, para pembeli juga memperhatikan bentuk kemasan makanan ringan yang dijajakan. Itu menjadi salah satu inovasi di bidang kuliner untuk menarik perhatian konsumennya dan membuat konsumen penasaran.

Jenis-jenis Material Kemasan Makanan Ringan

Ada beberapa jenis kemasan makanan ringan yang bisa kamu temukan, dan secara umum jenis material kemasan adalah plastik, kertas, aluminium foil, kaleng.

1. Plastik


source: https://ud-adhika.com/dnews/190010/jenis-plastik-kemasan-yang-cocok-untuk-makanan-r ingan.html

Penjual atau produsen makanan ringan biasanya paling sering menggunakan material plastik untuk kemasan makanan ringan yang mereka jual. Karena harga kemasan plastik cukup murah, selain itu material plastik lebih mudah digunakan untuk pengemasan. Karena alasan tersebut itulah banyak penjual makanan menggunakan material plastik. Tapi penting juga untuk penjual mengetahui jenis plastik sehingga bisa memilih kemasan yang aman buat konsumen.

Selain penjual, pembeli juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan ringan yang ingin dibeli. Kamu juga harus tau bagaimana kemasan makanan ringan yang aman. Karena ada sebagian penjual yang tidak memperhatikan kecocokan antara produk dan bahan kemasannya.

2. Kertas


source: https://id.aliexpress.com/item/4001200689065.html

Jenis kemasan makanan ringan kedua yang sering digunakan adalah kertas. Kemasan kertas yang food grade adalah bahan yang sebaiknya digunakan untuk mengemas makanan. Ada beberapa jenis kertas yang bisa kamu pakai untuk mengemas makanan ringan yang kamu jual, antara lain:

  • Kraft paper
  • Coated paper
  • White cardboard
  • Offset paper

Tentunya setiap jenis kertas tersebut mempunyai kekuatan, kelenturan dan estetika yang berbeda-beda. Jadi sesuaikanlah produk yang kamu jual dengan jenis kemasan kertas.

3. Kaleng


source: https://putratani.com/tentang-kemasan-kaleng-makanan/

Dan kemasan makanan ringan yang terakhir adalah kaleng. Kaleng sering juga dijadikan sebagai kemasan produk makanan ringan. Biasanya bahan kaleng dilapisi dengan timah putih. Karena biasanya kalau kaleng tidak dilapisi dengan timah putih, maka kaleng akan mudah berkarat yang tentunya akan mencemari makanan yang dibungkus di dalamnya.

Ada 2 jenis kemasan berbahan kaleng yang bisa kamu temukan, yaitu tinplate dan tin-free-steel. Ada kelebihan kemasan makan ringan berbahan tinplate dan tin-free-steel, seperti tahan panas, bisa didaur ulang, kuat dan tahan lama. Sedangkan kekurangannya adalah bahan jenis ini lebih berat, mahal dan makan tempat.

Pentingnya Desain Kemasan Makanan Ringan

Itu dia beberapa jenis bahan kemasan makanan ringan yang bisa kamu pilih untuk produkmu. Selain bahan kemasan, yang perlu diperhatikan lainnya adalah desain. Desain atau tampilan luar pada kemasan makanan mempunyai peranan yang sangat penting. Selain untuk meningkatkan daya jual produk makanan atau membuat produk makanan tampil jauh lebih menarik, desain kemasan juga merepresentasikan kualitas produk yang ada di dalam kemasan makanan ringan tersebut.

Dalam pembuatan desain kemasan makanan ringan, tidak selalu menampilkan desain yang menarik saja, tetapi juga harus bisa mendeskripsikan kualitas isi produk makanan itu sendiri, kualitas produsen produk tersebut dalam satu sentuhan desain kemasan.

Masih banyak jenis kemasan makanan ringan juga bisa kamu temukan, mulai dari yang biasa-biasa saja sampai yang unik. Tidak bisa dipungkiri, hal pertama yang pembeli lihat untuk membeli sebuah cemilan adalah kemasannya. Bentuk dan jenis kemasan juga dipilih dari isi cemilan itu sendiri. Oleh karena itu kamu harus bisa memilih kemasan makanan yang menarik perhatian pembeli.

Untuk memilih kemasan makanan ringan, kamu harus memilihnya dengan tepat supaya makanan ringan yang kamu jual tidak cepat rusak. Selain itu, harus diperhatikan juga dari segi keamanan dan kebersihannya. Jangan sampai pembeli melakukan komplain karena kemasan rusak atau lain sebagainya.

Untuk mengurangi resiko seperti itu, ada baiknya kamu memilih packaging dari SupernovaDigipack. Ada banyak jenis bentuk dan ukuran kemasan makanan ringan, salah satunya vacuum pack yang bisa menjadi pilihan buat kamu yang bingung memilih kemasan untuk frozen food. Kemasan ini didesain untuk bisa divakum supaya produk kamu tidak cepat basi. Selain itu kemasan ini juga mempunyai bentuk yang fleksibel yang akan mengurangi ukuran suatu kemasan produk.

Untuk mengetahui ada berapa jenis kemasan makanan ringan, kamu bisa cek di SupernovaDigipack. Terdapat banyak pilihan kemasan makanan yang disediakan oleh Supernova Digipack. Kamu tidak perlu ragu untuk memesan kemasan produk kamu di sini, karena kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management. Selain itu kamu juga bisa custom kemasan yang kamu inginkan seperti apa. Jadi percayakan kami untuk membuat kemasan makanan ringan kamu lebih menarik dan juga aman.

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ