RAHASIA KESUKSESAN USAHA KULINER MODAL KECIL UNTUK MILENIAL

RAHASIA KESUKSESAN USAHA KULINER MODAL KECIL UNTUK MILENIAL

Selama pandemi, salah satu usaha yang memiliki minat pembeli yang masih cukup banyak adalah usaha kuliner. Tentunya peluang usaha ini tidak bisa dilewatkan oleh para milenial. Usaha kuliner modal kecil menjadi perhatian banyak milenial untuk mengembangkan usaha bisnis mereka.

Alasan mengapa usaha kuliner masih memiliki banyak peminat adalah karena produk usaha kuliner sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Maka dari itu, usaha kuliner modal kecil bisa menjadi peluang para milenial untuk memulai usaha. Selain itu, keuntungan dari usaha kuliner cukup besar. Keuntungan yang dicapai bisa mencapai 100 hingga 300 persen.

Di era digital, tentunya akan lebih mudah menjalankan usaha kuliner modal kecil bagi para generasi milenial. Dengan semua koneksi dan kemudahan mendapatkan sumber daya, usaha akan lebih mudah dijalankan.

Namun sebelum kamu memulai usaha kuliner modal kecil ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar usaha kuliner kamu bisa berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang melimpah. Penasaran apa saja? Yuk simak rahasianya berikut!

1. Pahami keunikan produk yang kamu buat

Ketika menjalani usaha kuliner modal kecil, kamu harus bisa memahami keunikan pada produk yang kamu tawarkan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menyebutkan keunggulan-keunggulan produk kamu dibanding kompetitor.

Penentuan keunikan produk dari usaha kuliner modal kecil yang kamu jalani ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

a) Tuliskan kelebihan dari produk yang kamu tawarkan

b) Posisikan diri kamu sebagai konsumen, lalu buatlah pertanyaan “kenapa saya menginginkan produk ini?”

c) Tuliskan hal-hal yang dimiliki oleh usaha kuliner modal kecil kamu, dan tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Dengan mencoba menuliskan hal-hal tersebut, kamu bisa menemukan Unique Selling Points (USP) dari usaha kuliner modal kecil yang kamu kelola.

2. Buat konsep bisnis

Ketika kamu sudah siap untuk terjun dalam usaha kuliner modal kecil, kamu harus membuat konsep bisnis yang menarik namun masih relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Ketika kamu sudah memiliki konsep untuk usaha kuliner modal kecil, maka segala kegiatan yang kamu lakukan akan lebih terarah. Kamu harus bisa membuat rencana dalam jangka panjang usaha kuliner modal kecil kamu ini akan berjalan seperti apa, dan bagaimana.

3. Kenali target konsumen

Konsumen adalah alasan utama usaha kuliner modal kecil kamu dapat sukses atau tidak. Oleh karenanya, jangan sampai kamu tidak mengenali target konsumen kamu sendiri. Kamu pun harus bisa melakukan pendekatan dengan para konsumen agar usaha kuliner modal kecil kamu bisa semakin dikenal dan memiliki banyak konsumen yang loyal.

Untuk memahami konsumen, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

a) Kenali kira-kira konsumen seperti apa yang membutuhkan produk kamu

b) Buatlah buyer persona. Buyer persona merupakan gambaran akan target konsumen yang ingin kamu tuju. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan riset terkait target konsumen yang kamu tuju.

4. Kenali kompetitor kamu 

Selain konsumen, kamu pun harus bisa mengenali kompetitor kamu. Karena kamu harus bisa bersaing dengan kompetitor dalam usaha kuliner modal kecil untuk merebut hati konsumen.

5. Jangan takut gagal 

Kebanyakan milenial yang ingin menjalankan usaha kuliner modal kecil memiliki pemikiran yang pesimis. Entah itu takut gagal, tidak ada yang mau beli produknya, dan sebagainya. Harus kamu ketahui bahwa dalam menjalani bisnis termasuk usaha kuliner modal kecil, kamu tidak bisa mendapatkan hasil yang instan. Semua memiliki prosesnya sendiri.

Oleh karena itu, kalau kamu sudah siap untuk membuat usaha kuliner modal kecil, jangan pantang menyerah dan terus berusaha ya!

6. Terapkan sikap disiplin 

Tidak sedikit milenial yang memiliki sikap hanya semangat di awal saja. Padahal ketika kamu mengelola usaha kuliner modal kecil, diperlukan kedisiplinan agar usaha kamu bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya untuk diri kamu saja, tapi sikap ini pun harus diterapkan pada seluruh staff yang terlibat langsung dalam usaha kuliner modal kecil yang kamu miliki.

Pemilihan Kemasan untuk Usaha Kuliner Modal Kecil 

Dalam mengelola usaha kuliner modal kecil, kemasan atau packaging perlu diperhatikan oleh pemilik usaha. Selain rasa, konsumen tentunya akan mempertimbangkan bagaimana makanan dikemas sehingga tampak menarik. Tips agar packaging tampak menarik adalah memilih desain kemasan yang sesuai dengan identitas brand. Selain itu, pastikan logo yang tercetak pada kemasan terlihat jelas. Berikut ini adalah beberapa jenis kemasan yang bisa digunakan untuk usaha kamu.

Kemasan Standing Pouch 

Kemasan standing pouch akan sangat cocok untuk usaha kuliner modal kecil dengan jenis makanan ringan. Kemasan standing pouch dilengkapi dengan zipper lock yang bisa membuat kemasan aman dalam menjaga produk tetap higienis. Selain itu, kemasan standing pouch juga terlihat lebih menarik jika difoto ataupun dipajang di etalase.

Kemasan Vacuum Pack 

Untuk kemasan vacuum pack akan sangat cocok untuk usaha kuliner modal kecil dengan jenis makanan beku. Kemasan vacuum pack merupakan kemasan yang didesain agar bisa divakum sehingga makanan beku akan lebih tahan lama di dalam kemasan. Jika kamu memilih untuk menjalani usaha kuliner modal kecil berupa makanan beku, maka kamu bisa menggunakan kemasan vacuum pack. Alasannya, karena pada saat proses vakum, udara dihilangkan dari dalam kemasan sehingga mengurangi resiko bertumbuhnya bakteri yang kemudian akan membuat produk kamu lebih tahan lama.

Kemasan Three Block Seal 

Bagi kamu yang mengelola usaha kuliner modal kecil, kamu juga bisa menggunakan kemasan jenis three block seal lho! Dengan bentuknya yang praktis dan ekonomis, kemasan ini bisa kamu gunakan untuk produk seperti teh celup, kopi bubuk, ataupun cemilan berupa biskuit.

Kemasan Central Seal 

Kemasan ini juga cocok untuk usaha kuliner modal kecil dengan jenis makanan ringan, contohnya banyak kita temui di banyak toko ataupun supermarket. Kemasan central seal membuat produk di dalamnya tidak mudah hancur. Kemasan ini bekerja seperti bantal yang melindungi isi di dalamnya. Jadi makanan ringan tidak remuk ketika sampai di tangan konsumen.

Kemasan Gusset 

Untuk kamu yang memilih usaha kopi kekinian atau menjual bubuk kopi sebagai usaha kuliner modal kecil, maka kemasan gusset bisa menjadi pilihan. Kemasan gusset dilengkapi dengan aluminium foil di dalamnya. Tampilannya pun lebih rapi karena menggembung seperti bantal. Produk juga lebih terjaga cita rasanya dan lebih higienis.

Pemilihan kemasan ini cukup penting untuk usaha kuliner modal kecil bagi milenial. Dengan memilih kemasan yang tepat, kamu juga menentukan wajah dari usahamu. Selain dari rasa, konsumen juga melihat dan menilai dari bagaimana kamu mengemas produk kuliner.

Jika kamu perlu membuat kemasan yang berkualitas khusus untuk usaha kuliner modal kecilmu, kamu bisa menggunakan Supernova Digipack. Supernova Digipack menggunakan printer berkualitas tinggi sehingga desain yang dicetak pada kemasan tidak terlihat jelek. Selain itu, Supernova Digipack juga bisa mengerjakan pesanan kamu dalam waktu 15 hari. Supernova Digipack juga sudah memiliki sertifikat FSSC 22000 yang merupakan sertifikasi Food Safety Management, di mana packaging atau kemasan yang diproduksi aman digunakan untuk bahan makanan. Yuk, segera pesan kemasan untuk usaha kulinermu di Supernova Digipack!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ