TERTARIK MENJALANI USAHA KERIPIK? JANGAN LUPA PERHATIKAN HARGA PLASTIK KEMASAN KERIPIK!

TERTARIK MENJALANI USAHA KERIPIK? JANGAN LUPA PERHATIKAN HARGA PLASTIK KEMASAN KERIPIK!

Keripik adalah camilan yang banyak disukai orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, dan hal tersebut menjadikan potensi pasar usaha keripik cukup baik karena disukai oleh berbagai kalangan. Selain itu, usaha keripik juga masuk ke dalam kategori abisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Yang kamu perhatikan adalah harga bahan baku dan juga harga plastik kemasan keripik yang akan kamu pilih untuk kemasan produk jualanmu.

Namun, dibalik segudang keuntungan yang akan kamu dapat saat menggeluti usaha keripik, ada juga beberapa kendala yang akan kamu temui, diantaranya adalah:

- Kualitas Bahan Baku 

Sebelum memulai usaha keripik, pastikan kamu sudah mengetahui ciri-ciri dari bahan baku yang berkualitas dan cocok untuk dijadikan keripik. Kalau kamu ingin membuka usaha keripik singkong, pastikan kamu sudah tau ciri-ciri dari singkon yang berkualitas untuk dijadikan keripik. Kamu juga harus pintar-pintar memilih supplier bahan baku yang berkualitas, tapi dengan harga yang bersahabat. Selain itu, kamu juga harus perhatikan harga plastik kemasan keripik supaya harga jual produk kamu tidak terlalu mahal dan kamu bisa mendapatkan untuk yang banyak.

- Daya Saing Bisnis

Persaingan dalam usaha yang semakin ketat tidak akan menjadi kendala yang besar jika kamu mau terus berinovasi dan tetap mempertahankan kualitas keripik jualan kamu. Kamu harus terus berinovasi secara berkala, misalkan selalu mengeluarkan varian rasa baru atau kemasan yang unik. Namun, kamu harus tetap hati-hati, kalau kamu mau membuat kemasan yang unik untuk produk jualan kamu, kamu harus perhatikan harga plastik kemasan keripik yang mau kamu pakai. Kamu harus pakai plastik yang berkualitas, tapi tentunya dengan harga yang bersahabat.

- Persiapan Kemasan

Dalam dunia bisnis keripik, kemasan menjadi salah satu yang sangat mempengaruhi hasil jualan kamu. Konsumen cenderung tertarik dengan kemasan camilan atau keripik yang bagus saat mereka sedang memilih produk yang akan dibeli. Dengan begitu, kamu harus membuat logo dan desain kemasan yang menarik. Perhatikan juga jenis plastik yang kamu pakai untuk mengemas produk jualan kamu. Kamu harus pakai plastik dengan kualitas yang bagus untuk menjaga kualitas produk, tapi ingat, kalau kamu baru mau memulai bisnis, kamu harus perhatikan harga plastik kemasan keripik yang kamu pilih. Jangan sampai modal kamu habis hanya untuk membuat kemasan produk. 

- Persiapan Modal

Untuk menjalankan bisnis, kamu harus mempersiapkan modal untuk produksi. Bisnis keripik tentu bisa kamu mulai dengan modal yang kecil. Modal yang harus kamu persiapkan meliputi kebutuhan peralatan, biaya bahan baku, dan harga plastik kemasan keripik. Untuk peralatan, kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan menggunakan peralatan dapur yang sudah kamu punya. Untuk modal usaha, kamu harus membaginya menjadi dua, yaitu modal tetap yang bersifat investasi dan modal produksi bulanan. Berikut ini estimasi untuk modal bisnis keripik singkong skala menengah.

Modal Tetap:

Peralatan untuk memasak :
:Rp 1.000.000,-
Gerobak 
:Rp 1.500.000,-
Alat press kemasan produk
:Rp 150.000,-
Alat untuk mengiris singkong
:Rp 350.000,-
Perlengkapan lain-lain
:Rp 500.000,-
Total
:Rp 3.500.000,- 


Jadi, kalau kamu baru mau mulai bisnis keripik, atau keripik singkong jika kamu mengikuti perhitungan modal di atas, kamu harus memiliki modal kurang lebih Rp 7.000.000,-.

Setelah menghitung modal awal dan modal produksi bulanan, sekarang waktunya kamu menentukan harga plastik kemasan keripik yang akan kamu pakai. Sebenarnya ada banyak macam kemasan plastik makanan ringan yang beredar di pasaran, mulai dari yang sederhana, kemasan plastik bening, sampai yang lebih modern seperti kemasan standing pouch atau kemasan plastic roll.

1. Kemasan Standing Pouch 


Kemasan makanan ringan bening atau transparan ini cocok untuk digunakan mengemas produk keripik jualan kamu. Apalagi kalau kamu menjual produk dengan bermacam-macam varian rasa, calon konsumen kamu bisa langsung tahu warna dan rasa dari keripik yang kamu jual. Selain itu, kemasan standing pouch juga mudah ditata atau disimpan di display dalam rak. Kemasan standing pouch juga akan menjaga kebersihan dan kualitas dari keripik jualan kamu karena biasanya kemasan standing pouch sudah dilengkapi dengan zipper lock di bagian atas kemasan. Harga plastik kemasan keripik berbentuk standing pouch ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 350,- sampai Rp 700,-, tergantung dari aksesoris, desain, dan jenis plastik yang digunakan untuk membuat kemasan standing pouch ini.

2. Kemasan Snack Gusset


Kemasan snack gusset ini di bagian luarnya berbahan kertas dan bagian dalam berbahan alumunium foil. Kemasan ini layak untuk dijadikan kemasan produk keripik kalau kamu mau mendistribusikan produk jualanmu ke berbagai daerah karena alufoilnya akan membuat produk jualan kamu lebih awet, dan tentunya kemasan yang bisa kamu desain semenarik mungkin. Harga plastik kemasan keripik gusset ini harganya agak lumayan lebih mahal daripada standing pouch karena dibanderol dengan harga Rp 1.000,- sampai Rp 2.200,- per kemasannya.

3. Kemasan Central Seal 


Kemasan makanan ringan central seal merupakan kemasan berbahan full alumunium foil. Kemasan ini bisa membuat produk jualanmu jauh lebih awet dibanding kemasan gusset, tapi karena bentuknya yang full alufoil, tentu kamu harus memikirkan desain kemasan yang menarik dan kemasan ini banyak digunakan untuk mengemas keripik. Harga plastik kemasan keripik yang satu ini biasanya dari kisaran Rp 490,- sampai dengan Rp 1.900,-, tergantung dari bahan dan besarnya kemasan yang akan kamu cetak. Tentu saja, semakin besar ukuran kemasannya dan semakin berkualitas bahan dari kemasan yang akan kamu cetak, akan meningkatkan harga dari kemasan ini.

Harga plastik kemasan keripik yang disebutkan sebelumnya merupakan harga pasaran untuk kemasan polos. Tapi kalau kamu ingin menggunakan desain yang bisa menarik perhatian konsumen, Supernova Digipack bisa menyediakannya untuk kamu lho! Dengan menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa menghasilkan cetakan kemasan berkualitas dengan warna yang kontras dan tajam.

Selain memperhatikan harga plastik kemasan keripik, kamu juga harus menerapkan tips ini sebelum memilih kemasan untuk produk jualan kamu:

  1. Pertama-tama, kamu harus mencari penjual online plastik kemasan yang terpercaya. Kenapa online? Karena transaksi online sekarang lebih mudah, jadi kita tidak perlu repot-repot beranjak dari rumah dan pergi ke toko. Kita hanya perlu memilih kemasan yang kita pilih dan upload desain yang kita inginkan. Jangan lupa untuk perhatikan harga plastik kemasan keripik yang kamu pilih ya!
  2. Perhatikan jenis material, desain, atau bentuk dari kemasan yang kita pilih. Jangan sampai karena kita memilih harga plastik kemasan keripik yang sangat murah, tapi malah membuat kamu rugi karena ternyata kualitas plastiknya tidak bagus dan gampang bocor, jadi produk jualan kamu gampang rusak.

Tim Supernova Digipack siap membantu kamu dalam menyediakan kemasan untuk produk keripik yang menarik dan pastinya terjamin keamanannya. Selain harga plastik kemasan keripik yang disediakan bersahabat, Supernova Digipack juga menyediakan banyak pilihan kemasan yang bisa kamu pilih. Lalu, kamu juga bisa menggunakan desain kemasan sendiri, yang kamu harus lakukan hanya upload desainnya dan Supernova Digipack akan mencetaknya!

Tertarik untuk memesan kemasan plastik di Supernova Digipack? Segera kunjungi halaman ini!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ