USAHA KERIPIK PISANG DI MASA PANDEMI, BAWA UNTUNG!

USAHA KERIPIK PISANG DI MASA PANDEMI, BAWA UNTUNG!

Pisang merupakan jenis tumbuhan yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia. Kita juga bisa menemukannya hampir di seluruh pulau di Indonesia. Buah pisang ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika rajin dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis dan enak. Selain dimakan secara langsung, buah pisang juga dapat diolah menjadi makanan olahan lain seperti menjadi camilan keripik pisang yang enak untuk disantap. Keripik pisang ini teksturnya renyah, rasanya enak dan gurih, dan sangat disukai masyarakat; makanya kamu dijamin akan untung kalau membuka usaha keripik pisang, apalagi di masa pandemi. Cara membuat keripik pisang ini juga sangat sederhana dan dapat dikerjakan oleh siapapun. Tapi jangan lupa untuk menggunakan pisang dengan kualitas terbaik supaya keripik pisang yang kamu produksi memiliki rasa yang enak.

Semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, akan menyukai makanan ringan yang satu ini. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk memasarkan usaha keripik pisang-mu. Kalau kamu mau berjualan secara offline, kamu cukup pilih tempat yang ramai dan dilalui banyak orang untuk menjual keripik supaya produk jualanmu cepat laku dan dikenal oleh masyarakat. Kalau kamu memilih untuk berjualan online karena saat ini sedang pandemi, kamu harus perhatikan cara kompetitor berjualan dan berpromosi, supaya kamu bisa menjual keripik dengan harga yang lebih murah atau lebih gencar melakukan promosi. Kamu tidak perlu khawatir jualanmu tidak akan laku karena di masa pandemi ini, bisnis makanan sedang naik.

Info usaha keripik pisang

Usaha keripik pisang memang dapat dikatakan sebagai salah satu usaha yang memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena banyak sekali digemari oleh semua lapisan masyarakat. Selain itu, pengolahan keripik pisang juga sangat mudah dan bahan baku yang dibutuhkan pun mudah dijumpai dimana-mana. Namun, untuk menghemat waktu, kamu bisa menggunakan peralatan atau mesin yang memadai dan berkualitas untuk membantu kamu mengolah buah pisang menjadi keripik pisang.

Persiapan usaha keripik pisang

Sebelum kamu memulai usaha keripik pisang, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari peralatan atau mesin untuk membuat keripik pisang, hingga bahan baku. Untuk permulaan, kamu bisa menggunakan pisau, talenan, dan alat-alat dapur lainnya untuk membantumu membuat keripik pisang. Namun, kalau usaha keripik pisang-mu sudah mulai dikenal dan kamu sudah memiliki pemasukan tetap, kamu bisa membeli mesin yang akan membantu kamu mengolah buah pisang. Sedangkan untuk bahan baku, yang harus dipersiapkan diantaranya adalah buah pisang, garam halus, minyak goreng, dan bumbu perasa.

Keunggulan usaha keripik pisang

Kamu tentu ingin mendapat untung dong ketika memulai suatu usaha? Berikut ini adalah keuntungan dari usaha keripik pisang:

1. Harga keripik pisang cukup murah, jadi produk jualanmu akan mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

2. Kualitas keripik pisang pasti terjamin asal kamu mengutamakan kebersihan. Jangan lupa juga untuk gunakan packaging dari Digipack by Supernova untuk mengemas keripik pisang dan menjaga kualitasnya.

3. Keripik pisang memiliki rasa yang enak dan gurih. Kamu juga bisa berinovasi dengan menjual keripik pisang dengan berbagai bumbu.

Pemasaran usaha keripik pisang

Supaya usaha keripik pisang yang sedang kamu jalankan bisa berjalan dengan lancar, maka sangat diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target yang kamu inginkan. Promosi untuk memasarkan keripik pisang memang banyak, baik itu dijual secara langsung atau kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini karena orang-orang akan lebih memilih belanja makanan dan camilan secara online. Kalau mau ingin berjualan secara langsung atau offline, kamu harus menemukan tempat yang strategis untuk berjualan atau kamu bisa menitipkannya di berbagai toko, supermarket, ataupun warung.

Penentuan harga jual keripik pisang

Kamu bisa mencari harga jual keripik pisang di pasaran untuk mematok harga jual usaha keripik pisang-mu dan sangat disarankan kamu tidak menjual dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga keripik pisang lainnya yang ada di pasaran. Karena kalau kamu menjual keripik pisang dengan harga yang terlalu mahal, usaha keripik pisang-mu bisa terhambat bahkan mengalami kebangkrutan. Hal yang harus kamu perhatikan ketika menentukan harga adalah berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku yang digunakan. Misalkan modal yang kamu keluarkan adalah Rp 5.000 untuk satu bungkusnya, kamu bisa jual dengan harga Rp 6.000 untuk menarik minat masyarakat.

Menentukan varian rasa usaha keripik pisang

Tidak cuma teknik pengolahannya, kini rasa keripik pisang pun sangat bervariasi. Sesuai dengan tuntutan pasar, para produsen usaha keripik pisang pun berlomba-lomba membuat rasa yang beragam. Ini dia dua varian rasa yang banyak dijual oleh pengusaha keripik pisang:

1. Varian rasa manis yang disukai semua kalangan

Rasa manis adalah rasa yang tidak pernah absen di setiap jenis camilan. Pisang pada dasarnya memang sudah manis, tapi varian rasa manis pada keripik pisang tetap menjadi favorit. Varian rasa manis pada keripik pisang ada bermacam-macam, contohnya rasa cokelat, madu, dan susu. Bahkan ada beberapa produsen usaha keripik pisang yang menjual rasa buah, misalnya stroberi.

2. Varian rasa gurih yang bikin ketagihan

Hampir semua camilan di Indonesia memiliki rasa yang asin dan gurih, dan tidak terkecuali keripik pisang. Selain rasa asin yang plain, kamu bisa coba menjual keripik asin dengan rasa barbeque, jagung bakar, atau bahkan daging bakar. Varian rasa pada keripik pisang ini akan memberikan sedikit rasa smoky. Belum lagi orang Indonesia menyukai rasa pedas, jadi kamu bisa juga menambahkan rasa pedas seperti balado dan spicy untuk usaha keripik pisang-mu.

3. Varian rasa kekinian yang modern

Berbagai merek keripik pisang menciptakan varian rasa yang sedang disukai anak muda. Hal ini bertujuan supaya usaha keripik pisang juga bisa masuk ke dalam camilan yang sedang tren dan tentunya supaya tidak kalah saing dengan camilan-camilan masa kini lainnya. Varian rasa kekinian yang bisa kamu gunakan adalah green tea, kopi, dan karamel.

Pengolahan usaha keripik pisang

Terdapat dua cara pengolahan keripik pisang yang paling umum, yaitu digoreng atau dipanggang. Menggoreng adalah cara yang umum dilakukan untuk membuat keripik. Keripik pisang yang digoreng akan menghasilkan keripik yang sangat renyah. Namun, keripik yang digoreng biasanya mengandung kadar minyak yang cukup tinggi. Nah, ada alternatif untuk membuat produk usaha keripik pisang-mu, yaitu dengan memanggangnya di oven. Keripik panggang tidak mengandung minyak, sehingga tidak akan menaikkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan lemaknya pun lebih sedikit, jadi konsumenmu yang sedang diet akan lebih tenang mengonsumsi produk jualanmu. Sebenarnya selain dua cara barusan ada cara lain mengolah keripik pisang, yaitu dengan dikeringkan secara alami. Kamu cukup mengeringkannya menggunakan sinar matahari, kandungan dalam pisang bisa tetap terjaga sehingga menghasilkan keripik yang lebih sehat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mengemas produk makanan, kamu harus menggunakan packaging yang higienis supaya produk usaha keripik pisang-mu tidak terkontaminasi kuman dan kotoran. Nah, packaging yang pas banget untuk mengemas produk jualanmu adalah packaging dari Digipack by Supernova. Packaging Digipack by Supernova dijamin bebas dari zat-zat berbahaya, selain itu kemasan Digipack by Supernova juga dapat dilengkapi dengan zipper lock yang bisa menjaga produk tetap higienis ketika sudah dibuka. Kunjungi halaman ini untuk pesan packaging Digipack by Supernova sekarang!

Keyword: usaha keripik pisang

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ