WAJIB TAHU! CARA PROMOSI MAKANAN ONLINE UNTUK PARA PENGUSAHA

WAJIB TAHU! CARA PROMOSI MAKANAN ONLINE UNTUK PARA PENGUSAHA

Di era serba digital ini, segala kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah hanya dalam hitungan detik. Hal ini tentunya berdampak pula pada kegiatan berbisnis, termasuk bisnis makanan. Bagi kamu yang tengah menjalani usaha kuliner seperti makanan ringan, dan sebagainya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara promosi makanan online agar usaha kamu dapat tetap berjalan dengan lancar.

Berbagai cara promosi makanan online dapat dilakukan melalui beberapa media. Seperti media sosial berupa Instagram, Twitter, atau yang sedang populer saat ini yaitu Tiktok. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui cara promosi makanan online melalui website ataupun platform e-commerce untuk mendongkrak tingkat penjualan lebih tinggi.

Dalam menentukan cara promosi makanan online ini kamu perlu melakukan rencana yang matang agar usaha kamu dapat dijalankan dengan baik. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu memahami target konsumen juga platform mana yang kamu gunakan agar promosi kamu dapat tepat sasaran.

Karena sudah banyak pengusaha bidang makanan lain yang mempromosikan usahanya secara online, kamu harus mengetahui bagaimana cara promosi makanan online yang ampuh agar kamu bisa memenangi persaingan dengan para kompetitor. Mau tau caranya gimana? Yuk simak tipsnya berikut!

Tips Melakukan Cara Promosi Makanan Online

1. Aktif di media sosial


Source: https://images.app.goo.gl/AqjfZbwgYfkYgtdx5

Siapa sih yang sekarang tidak mempunyai media sosial? Hampir seluruh orang memilikinya. Bahkan survey pun membuktikan di tahun 2021 ini bahwa sejumlah 170 juta masyarakat Indonesia dari total 274,9 juta telah menggunakan media sosial. Untuk itu, penggunaan media sosial dapat kamu jadikan salah satu cara promosi makanan online yang menjanjikan.

Kamu bisa mulai melakukan cara promosi makanan online dengan membuat akun di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, ataupun Tiktok untuk mempromosikan usaha kamu. Ingat ya, setiap platform memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jadi harus kamu sesuaikan agar cara promosi makanan online kamu bisa berjalan dengan baik.

Kamu bisa memposting hal-hal terkait usaha kamu sebagai cara promosi makanan online di media sosial. Seperti foto produk, promo yang sedang berlangsung, giveaway untuk meningkatkan engagement konsumen, review dari konsumen yang pernah mencoba produk kamu, ataupun behind the scene dari pembuatan produk kamu.

2. Memposting artikel yang mengedukasi 


Source: https://images.app.goo.gl/V9d8N8hYQBMrN8ie9

Hal ini dapat kamu lakukan apabila kamu memilih cara promosi makanan online melalui website. Dengan menuliskan artikel yang mengedukasi, konsumen pastinya akan merasa bahwa brand yang kamu miliki memiliki value yang lebih dibandingkan yang lain. Ini bisa menjadi kunci untuk meningkatkan brand image kamu di mata konsumen sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk dari brand kamu.

Selain menuliskan konten edukasi, kamu juga bisa melakukan cara promosi makanan online dengan menulis konten seperti acara yang dilakukan oleh usaha kamu, ataupun varian menu yang kamu miliki. Kalau kamu menjual produk bahan olahan makanan, kamu juga bisa menuliskan resep dari produk yang kamu jual. Dengan ini, para konsumen pun akan merasa terinspirasi untuk mencoba resep yang kamu berikan.

Pastikan artikel yang kamu tulis juga sudah sesuai dengan target konsumen yang kamu tuju agar cara promosi makanan online kamu bisa dilakukan secara maksimal ya!

3. Memanfaatkan iklan online 


Source: https://images.app.goo.gl/Q9rtw3h7apCVgB3P6

Penggunaan iklan dalam media online bisa jadi salah satu cara promosi makanan online yang ampuh lho! Ada beberapa tipe iklan yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan, misalnya iklan yang dibayarkan dalam hitungan hari, iklan yang dibayarkan dalam hitungan jumlah klik, atau iklan yang dibayarkan dalam hitungan berapa kali dilihat.

Selain itu, target konsumennya pun bisa kamu tentukan sendiri jadi kamu bisa menuliskan target konsumen yang spesifik sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan menggunakan cara promosi makanan online berupa iklan, kamu bisa meningkatkan awareness konsumen atas brand yang kamu miliki.

Kamu bisa melakukan cara promosi makanan online ini melalui Facebook, tepatnya laman Facebook Ads Manager. Lalu kamu bisa mulai memilih tujuan iklan, jenis iklan yang ingin kamu gunakan, tulis nama iklan, lalu tentukan target audience yang kamu tuju.

4. Menggunakan Google My Business 


Source: https://images.app.goo.gl/BkenWwE7Vb4ykWf7A

Google My Business merupakan salah satu layanan dari Google. Kamu bisa menggunakannya sebagai cara promosi makanan online yang efektif. Melalui layanan ini kamu bisa menampilkan profil usaha makanan yang kamu jalani. Seperti nama usaha kamu, alamat, jam operasional, kontak, foto menu makanan yang kamu sediakan, rating, serta review konsumen yang pernah mencoba produk kamu.

Selain itu, layanan ini pun sudah langsung terhubung dengan Google Maps. Sehingga kamu bisa menarik konsumen untuk langsung datang ke tempat kamu. Karena biasanya Google Maps akan merekomendasikan tempat makan ataupun makanan yang berada di dekatnya. Tentunya hal ini bisa jadi cara promosi makanan online yang jitu bukan?

5. Melakukan email marketing


Source: https://images.app.goo.gl/K6xrvFnrNVTXFmfD8

Email marketing bisa juga dijadikan cara promosi makanan online untuk bisnis kamu lho. Namun penggunaan email marketing ini lebih ditujukan untuk menjaga hubungan dengan konsumen yang pernah mencoba produk kamu, bukan untuk meningkatkan awareness. Kamu bisa memberikan informasi seputar usaha kamu serta promo yang sedang berlaku. Hal ini bisa menjadi cara yang sangat baik untuk menjaga hubungan baik dan keloyalan konsumen terhadap usaha yang kamu miliki.

Itu dia beberapa cara promosi makanan online yang bisa kamu lakukan. Selain menggunakan media online yang tepat, kamu juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan kualitas produk dan kemasan yang kamu miliki. Karena tidak sedikit konsumen yang menyukai produk dengan kemasan yang menarik.

Penggunaan kemasan yang menarik juga bisa jadi salah satu cara promosi makanan online karena kemasan dapat menarik perhatian konsumen. Misalnya ketika konsumen sedang scrolling produk keripik di marketplace, pasti konsumen tersebut akan lebih tertarik untuk meng-klik produk yang memiliki kemasan full print dibandingkan yang polos kan?

Untuk itu, selain melakukan cara promosi makanan online yang ampuh kamu juga harus memastikan kemasan yang kamu gunakan memang menarik dan tentunya terbuat dari bahan food grade sehingga aman untuk mengemas produk makanan. Berikut beberapa karakteristik kemasan aman yang bisa kamu gunakan :

1. Terbuat dari bahan food grade 

Disadari atau tidak, bahan kemasan yang terbuat dari material food grade bisa menjadi cara promosi makanan online kamu juga. Kamu bisa menuliskannya di deskripsi produk kalau bahan yang kamu pakai pun sudah aman, sehingga konsumen kamu tidak akan khawatir ketika mengonsumsi produk yang kamu jual.

2. Memberikan keamanan untuk konsumen 

Cara promosi makanan online pun bisa kamu lakukan dengan menyebutkan bahwa kemasan dan produk kamu pasti aman dan nyaman untuk dikonsumsi. Aman karena produk dan kemasan kamu tidak mengandung zat berbahaya, tidak akan melukai konsumen ketika membuka kemasan, serta nyaman karena kemasan bisa dengan mudah dibuka, dituang, disimpan dan dibawa kemana pun.

Supernova Digipack bisa mendukung cara promosi makanan online kamu lho! Kami menyediakan berbagai macam kemasan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kemasan vacuum pack, kemasan central seal, kemasan three block seal, kemasan gusset, serta kemasan standing pouch. Pastinya kemasan-kemasan ini juga akan kami cetak dengan kualitas terbaik karena kami menggunakan HP Indigo 20000, yang bisa menghasilkan kemasan dengan warna tajam dan pastinya sangat kontras. Dengan pengalaman di bidang pengemasan lebih dari 30 tahun, tim Supernova Digipack pun akan memastikan seluruh proses pembuatan kemasan kamu sudah sesuai dengan prosedur dan tersertifikasi FSSC 22000 Food Management System dan tidak mengandung zat-zat berbahaya. Untuk pemesanan kunjungi website Supernova Digipack di sini. Waktu pembuatan kemasan hanya 15 hari!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ